fbpx

Pemkab Tana Toraja Bereaksi Usai Ibu Hamil Melahirkan di Jalan, Minta Kejelasan Pemprov Sulsel

Populer

spot_img

ZOANAKATA.COM – TANA TORAJA Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) bereaksi setelah seorang ibu hamil bernama Maru’ (30) melahirkan di pinggir jalan usai dibonceng menggunakan motor dengan menempuh akses jalan rusak. Atas kejadian itu pun Pemkab meminta kejelasan Pemprov Sulsel untuk menangani jalan rusak di Kecamatan Simbuang.

“Saya sudah baca, dan kejadian ibu hamil melahirkan di jalan itu benar,” kata Sekda Tana Toraja dr Rudhy Andi Lolo, Minggu (12/5/2024).

Rudhy mengungkapkan, kondisi infrastruktur jalan di beberapa titik di Kecamatan Simbuang memang masih rusak. Kata dia, kondisi itu menjadi kendala masyarakat saat membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut di Kota Makale.

“Kalau tenaga kesehatan di sana sudah ada, ada dokter maupun bidan standby. Cuma memang akses jalan itu menjadi kendala saat ada warga yang mau di rujuk ke RSUD,” ungkapnya.

Dia mengutarakan, status jalan yang berada di Kecamatan Simbuang merupakan kewenangan Pemprov Sulsel, dikarenakan jalan tersebut merupakan jalan antar provinsi. Menurutnya, pihaknya pun sudah melaporkan kejadian itu ke Pemprov Sulsel, agar ruas jalan tersebut segera diperbaiki.

“Atas kejadian ini kita sudah sampaikan ke Pemprov Sulsel untuk dimintai kejelasannya soal perbaikan jalan. Karena memang poros ini adalah poros provinsi, ada sebagian sudah dikerjakan oleh Pemda, tapi kita juga tidak sanggup untuk semuanya,” ucapnya.

Rudhy menambahkan, di tahun 2023 lalu Pemprov Sulsel sempat menganggarkan perbaikan jalan Kecamatan Simbuang-Mappak. Namun kata dia, perbaikan jalan itu tidak berlanjut dikarenakan Pemprov kekurangan anggaran.

“Memang untuk anggaran tahun lalu ada perbaikan jalan di Simbuang, tapi karena keterbatasan dana Pemprov jadi sementara tidak dilanjutkan. Ada banyak titik yang rusak di sana, itu kewenangan Pemprov sampai ke bawah,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Oktaviana Resmi Ketua PMKRI Gowa Periode 2024-2025 Melalui RUAC ke-III

ZONAKATA.COM - GOWA Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKI) cabang Gowa Sactus Robertus Bellarminus sukses menggelar Rapat Umum Anggota...

Berita Lain