fbpx

105 Anggota PPK KPU Toraja Utara Diharapkan Cakap dalam Memanfaatkan Teknologi

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara mengelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah dan Janji Kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Toraja Utara pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Rabu (4/1).

Dilanjutkan Bimbingan Teknis yang diikuti 103 anggota PPK se Toraja Utara selama dua hari, berlangsung di Heritage Hotel hingga Kamis (5/1).

Dari 105 anggota PPK terpilih telah mengikuti seleksi Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara yang digelar bulan Desember 2022 lalu.

Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom menjelaskan terdapat 103 anggota PPK telah dilantik dan mengikuti Bimtek, dua orang berhalangan dan akan dilakukan pelantikan susulan.

“Puji syukur kita memulai 2023 dengan baik, kegiatan pelantikan dan Bimtek ini merupakan rangkaian tahapan pemilu setelah KPU RI launching,” ucapnya.

Lanjut Bonnie, tantangan Pemilu kedepan semakin eksis dan PPK terpilih agar mampu beradaptasi dengan kebutuhan teknologi karena tantangan Pemilu 2024 kedepan yaitu menggunakan aplikasi dengan menggunakan perangkat laptop dan handphone.

Menurutnya, bagaimana anggota PPK sebagai penyelenggara membangun demokrasi lebih baik dengan menggunakan teknologi dan memahami aturan serta tahapan Pemilu yang sedang berjalan.

“Kepada pemerintah tingkat kecamatan untuk bisa membimbing anggota PPK dengan baik dan diberi arahan agar dapat berkoordinasi dengan seluruh stakeholder,” terang Bonnie.

Ketua KPU telah bertugas dua periode di KPU Toraja Utara itu berpesan kepada 105 anggota PPK sebagai manager Pemilu yang mengendalikan tahapan di lingkungan masing-masing dan sebagai leadership baik sehingga kepercayaan publik dapat memperkuat proses penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

Sementara Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong hadir mewakili pemerintah daerah dan membuka pelantikan serta Bimtek menyampaikan bahwa untuk menatap pesta demokrasi tahun 2024, baik dari segi persiapan dan tahapan dilakukan menjadi baik agar didukung dengan fasilitas maupun dieksekusi sehingga hasilnya optimal.

“Menjadi bagian persiapan Pemilu 2024 bukan hanya pihak KPU saja tapi kita semua, baik itu dari pemerintah, lembaga dan dukungan dari PPK yang hadir di lapangan menjadi bagian pendidikan Pemilu,” ucapnya.

Kata Dedi Palimbong, maka itu mewakili Pemkab Toraja Utara mengucapkan selama kepada 105 anggota PPK telah terpilih melalui proses seleksi sangat baik dilakukan pihak KPU agar jangan sampai terputus hanya karena kepentingan sesaat, harus berdiri diatas kepentingan masyarakat.

Turut hadir Kasubag Perencanaan KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Kapolres Toraja Utara, AKBP. Eko Suroso, perwakilan Kodim 1414 Tana Toraja, Bawaslu Toraja Utara, Kejaksaan Negeri Cabang Rantepao, dinas terkait, para Camat dan tamu undangan lainnya. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kronologis Truk Terguling Tewaskan 2 Orang di Toraja Utara, Polisi: Sopir Akan Kami Periksa

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Kecelakaan maut mengakibatkan dua orang tewas dan tujuh luka-luka terjadi di jalan poros Sa'dan, Pallawa,...

Berita Lain