fbpx
31 C
Makassar
Senin, 15 Agustus 2022

Unik, Qasidah Penyuluh Islam Jadi Pembuka Festival Paduan Suara Natal di Toraja Utara

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Ada yang unik dan jarang ditemui di event atau festival keagamaan seperti yang terlihat pada pembukaan Festival Paduan Suara Natal di Lapangan Bakti, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Minggu (12/12) petang.

Penampilan kasidah atau qasidah dalam bahasa arab, yang dibawakan oleh 53 orang Penyuluh Islam Kementrian Agama (Kemenag) Toraja Utara.

Qasidah tampik lebih awal saat pembukaan, sekaligus menunjukkan kepada penonton festival bahwa Toraja Utara sangat menjunjung tinggi toleransi beragama.

Hal itu pula disampaikan Kepala Kemenag Toraja Utara, Pretty Lamban Gasong mengatakan, hal terpenting dan terpelihara selama ini yaitu bingkai kebersamaan yakni kerukunan.

“Bingkai kebersamaan dan kerukunan yang sangat terpelihara baik, dan inilah wajah Toraja Utara yang sangat menjunjung tinggi toleransi umat beragama,” ujar Pretty.

Diungkapkannya, penampilan yang menyanyikan lirik berisi dakwah keagamaan bagi kaum muslim itu dibawakan oleh penyuluh Non PNS dari Kemenag Toraja Utara yang merupakan representasi umat Islam di Toraja.

“Saya sangat bangga dan antiusias atas respon positif para penyuluh agama Islam, yang benar-benar mau berlatih dan sungguh-sungguh menampilkan yang terbaik,” pungkasnya.

- ADS -

Kata Pretty, penampilan qasidah pada Festival Paduan Suara Natal tahun 2021 sebagai bukti implementasi moderasi beragama, sebagaimana program prioritas Kementrian Agama RI dan sekaligus dalam rangka mendukung tahun 2022 mendatang sebagai tahun toleransi.

Group penyanyi qasidah Penyuluh Agama Islam Kemenag Toraja Utara setelah tampil mendapat apresiasi dan tepuk tangan dari Bupati Yohanis Bassang, tamu undangan serta penonton, dan tentu ucapan terima kasih dari pemerintah daerah yang telah terlibat mengisi acara.

Diketahui dibalik suksesnya penampilan group qasidah Penyuluh Agama Islam, ada sosok pelatih asal Makale yang membimbing yaitu Ammy Sudarmin juga guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Tana Toraja. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Sudah Setahun Pegawai Dinas Kebudayaan Tana Toraja Hirup Bau Pesing

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Plafon hingga pipa wc ruangan di Kantor Dinas Kebudayaan Tana Toraja bocor. Akibatnya pegawai seringkali...

Berita Lain

- Advertisement -