fbpx
32 C
Makassar
Rabu, 10 Agustus 2022

Terbukti Gauli Anak Tirinya, Pelaku Diancam 15 Tahun Penjara

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Setelah menjalani pemeriksaan awal di Unit Resmob Sat Reskrim Polres Tana Toraja, akhirnya terungkap jika pelaku RN (38 tahun) mulai menyetubuhi anak tirinya sejak kelas 1 SMP hingga 3 SMP.

Sebelumnya, diberitakan RN menggauli GK (15 tahun) selama 4 tahun atau sejak korban masih duduk di bangku sekolah dasar (SD). Namun dari pengakuan RN saat itu ia baru sebatas merabah-rabah saja.

“Terduga RN mengakui perbuatannya telah menggauli anak tirinya sendiri, kasus ini kami serahkan ke Unit PPA untuk proses selanjutnya,” ungkap Kanit Resmob, Bripka Alvian Somalinggi saat ditemui di ruangan Resmob Polres Tana Toraja, Sabtu (20/2).

Penyidik PPA telah melakukan pemeriksaan awal terhadap terduga RN, beserta korban, dan juga saksi saksi. Selanjutnya dilakukan gelar perkara dan menetapkan terduga RN dengan status menjadi tersangka untuk kepentingan penyidikan.

Kasat Reskrim AKP. Jon Paerunan, SH, yang di konfirmasi membenarkan penetapan terduga RN menjadi tersangka .

“Iya benar, status hukum RN resmi ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana persetubuhan terhadap anak di bawah umur. Ia sudah di tahan di Rutan Mapolres Tana Toraja untuk jalani proses penyidikan atas perbuatan tindak yang telah di lakukannya terhadap anak tirinya,” jelas Jon Paerunan.

Dikatakan atas perbuatannya itu, tersangka RN terancam pidana penjara 5 tahun sampai 15 tahun. RN dijerat Undang Undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Tersangka dijerat Undang Undang No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pasal 81 ayat 1, dengan ancaman pidana 5 sampai 15 tahun. Karena pelaku adalah orang tua tiri dari korban, maka berdasarkan pasal 81 ayat 3, tersangka RN dapat dikenakan tambahan sanksi 1/3 dari hukuman pidana “. Jelas Jon Paerunan.

- ADS -

Sebelumnya, RN ditangkap setelah adanya laporan dari keluarga korban. RN kemudian di ringkus oleh “Tim Batitong Maro” Unit Resmob Sat Reskrim Polres Tana Toraja di kediamannya di kampung baru, Bittuang, Jumat (19/2) sekitar jam 2 siang.

(Rls/ZK)

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

BPKA: Rel Kereta Api At Grade Aman dari Banjir dengan Q.50 Tahun

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Kekhawatiran Walikota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto bahwa dengan meneruskan konsep perencanaan rel kereta api (KA)...

Berita Lain

- Advertisement -