fbpx
24 C
Makassar
Kamis, 20 Januari 2022

Politisasi Bantuan Pusat, Petahana Bisa Didiskualifikasi

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Anggota DPRD Tana Toraja, Kristian HP Lambe menyebut jika banyak warga masyarakat yang mengadu terkait bantuan Pemerintah Pusat yang saat ini tengah disalurkan.

Dikatakan, ia telah mendapat laporan dari warga khususnya dari wilayah pelosok (pedesaan) yang mulai disuruh untuk mengumpulkan KTP dan KK dengan iming-iming akan mendapatkan bantuan.

“Masyarakat dipedesaan mulai diintimidasi dengan cara mengumpul KTP dan KK dengan iming-iming bantuan tapi harus pilih paslon petahana. Kalau tidak, mereka akan dipantau lewat satelit, semua ini pembohongan publik. Bahwa bantuan UMKM sebesar 2,4 juta, KIS, PKH, Bedah Rumah dan lainnya itu murni bantuan dari Presiden Jokowi,” tegas Kristian.

Sebenarnya menurut Kristian, bahwa bantuan dari pemerintah pusat ini, tidak boleh dipolitisasi oleh ASN yang mendukung petahana. Pasalnya jika ini terbukti dan menjadi temuan Bawaslu maka akan sangat berbahaya sekali dan pasti merugikan paslon petahana.

“Berdasarkan PKPU 9 tahun 2020 pasal 90 hufur e dan f, hal ini dapat membatalkan paslon petahana sebagai peserta pemilukada atau akan didiskualifikasi,” jelas Kristian.

Dan untuk mengantisipasi politisasi bantuan pemerintah pusat itu, ia berharap Pjs Bupati Tana Toraja lebih tegas terhadap ASN dalam hal ini Kepala Dinas, Camat, Lurah dan Lembang untuk menindak tegas aparatus sipil negara yang bermain di wilayah politik.

Selain itu, politisi Partai Demokrat ini, meminta Bawaslu Tana Toraja bersama jajarannya hingga tingkat Kelurahan dan Lembang untuk mengawal segala bentuk bantuan pemerintah pusat yang akan disalurkan oleh pemerintah darerah.

“Siapapun bupati yang terpilih nanti tetap akan memberikan hak-hak masyarakat untuk mendapatkan KIS, PKH, bantuan UMKN, bedah rumah, beras sejahtera (rastra) dan lain-lain. Untuk itu saya imbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dan jangan takut diintimidasi oleh oknum ASN dan aparat Lembang”. Pungkasnya.

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Plt Gubernur Sulsel Imbau Warga Kurangi Mobilitas

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap waspada di tengah lonjakan kasus Covid-19. Untuk di Sulsel, perkembangan kasus...

Berita Lain

- Advertisement -