fbpx

Perjuangan Petugas Pantarlih di Tana Toraja Bertaruh Nyawa Demi Sukseskan Pemilu 2024

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) KPU Tana Toraja terpaksa makan siang di hutan hingga menyeberangi sungai demi menjalankan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih.

Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa membenarkan kejadian tersebut, mereka adalah Pantarlih dari kecamatan Makale Utara dan Sanggala Selatan.

“Benar, Pantarlih 008 Kelurahan Lemo, Kecamatan Makale Utara terpaksa naik rakit menyeberangi sungai untuk coklit data pemilih. Dan yang makan di hutan Pantarlih dari Kelurahan Sangalla Selatan,” katanya kepada Zonakata, Kamis (16/2/2023)

Rizal mengungkapkan, anggota Pantarlih makan siang di hutan hingga menyeberangi sungai karena wilayah tersebut masih minim infrastruktur.

“Di kampung Sekke Bontongan Kelurahan Lemo, Makale Utara khususnya TPS 08 harus mutar lewat Desa Langda Toraja Utara sehingga anggota pertalih menyeberangi sungai dengan menggunakan rakit bambu,” ungkapnya.

Sementara itu Komisioner Bidang Data dan Informasi KPU Tana Toraja, Intan Parerungan mengutarakan, jembatan yang dilalui anggota Pantarlih sudah sangat berbahaya karena keadaannya sudah sangat rapuh, sehingga salah satu anggota Pantarlih berinisiatif untuk menyeberangi sungai menggunakan rakit.

“Jadi informasinya, disana ada jembatan tapi sudah sangat rapuh dan masyarakat sekitar tidak berani lagi menggunakan jembatan tersebut, ada juga jalan alternatif lain tapi jauh itupun kalau menggunakan motor harus melewati Langda Toraja Utara, sehingga anggota Pantarlih mengambil inisiatif untuk menggunakan rakit bambu,” jelasnya.

Dia pun mengapresiasi kinerja anggota Pantarlih yang telah bertaruh nyawa demi melakukan coklit ke daerah terpencil.

“Saya mengapresiasi kinerja teman-teman petugas Pantarlih yang sudah meluangkan waktu dan tenaganya demi menyukseskan Pemilu 2024”. Tutupnya.

Swastika/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Layanan Maxim Kini Hadir di Toraja Guna Perkuat Eksistensi di Sulawesi Selatan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Salah satu perusahaan transportasi online terbesar di Indonesia – Maxim kembali memperluas wilayah jangkauannya. Kali...

Berita Lain