fbpx

Wabup Toraja Utara Buka Pelatihan Pemandu Geowisata

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong membuka Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Geowisata di Hotel Luta Kecamatan Rantepao, Selasa (13/6/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara ini akan berlangsung hingga 17 Juni 2023 mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Plt. Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara, Sobon Saria, Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Toraja Utara, Damayanti Batti dan narasumber, Heryadi Rahmat serta Indra Badri.

Setelah membuka acara, Dedi Palimbong menyampaikan dalam menyelesaikan masterplan pariwisata sebagai persyaratan pengembangan pariwisata dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif setiap daya tarik wisata.

“Kalau itu mau dikembangkan dan dapat bantuan pemerintah, maka kita harus punya masterplan,” ungkapnya.

Wabup Toraja Utara Buka Pelatihan Pemandu Geowisata

Menurut Dedi, pihaknya telah memiliki dokumen Geopark untuk Tana Toraja dan Toraja Utara dimana sebagai satu kesatuan yang hanya dipisahkan administrasi wilayah tapi satu kesatuan Geopark.

“Pemerintah telah membuat story telling yang kita mulai dari 25 story telling dan ini akan semakin berkembang nantinya,” ucapnya.

Ia menginginkan orientasi pariwisata harus berubah, menjadikan pariwisata sebagai industri yang tidak hanya karena romantisme, dimana masa lalu Toraja dikenal sebagai daerah pariwisata dan oriantasi yang tidak berubah.

“Saya ajak kita semua dari dua kabupaten ini, mari memikirkan bagaimana pariwisata sebagai industri sehingga berdampak bergulirnya ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat serta peningkatan pendapatan daerah,” tutup Dedi.

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TSM Resmikan Posko Induk HSL Special Force’s

ZONAKATA, PAREPARE – Bakal Calon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid (TSM) hadir dan meresmikan langsung Posko Induk HSL Special...

Berita Lain