fbpx
27 C
Makassar
Selasa, 18 Januari 2022

Pemda dan Tokoh Adat Sepakat Gunakan Nama “Bandara Toraja” Untuk BBK

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Pertemuan Pemerintah Daerah (Pemda) Tana Toraja dengan Tokoh-Tokoh Adat dari 19 Kecamatan dalam rangka penetapan nama baru bagi Bandar Udara Buntu Kunik (BBK) berlangsung di Hotel Sahid Mengkendek, Kamis (21/5).

Pertemuan yang dibuka oleh Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara itu disepakati nama Bandar Udara Toraja (Toraja Airport) sebagai nama baru bagi Bandara Buntu Kunik (BBK).

Sebelumnya ada dua nama yang diusul berdasarkan hasil Rapat Kerja Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD yang dihadiri pihak Ka Bandara Pongtiku serta Kabag Hukum Setda, yakni Bandara Internasional Toraja (Toraja Internasional Airport) dan Bandara Toraja.

Pemilihan nama Bandara Toraja untuk BBK karena dianggap mewakili kearifan lokal Toraja. Wabup Victor mengatakan kesepakatan itu akan dibawah ke DPRD untuk mendapat persetujuan.

“Nama sudah disepakati dan segera diajukan ke DPRD Tana Toraja mendapatkan persetujuan. Kemudian diteruskan ke Gubernur lalu diusulkan ke Menteri Perhubungan,” ujar Victor.

Selain nama baru bagi BBK juga disepakati gelar adat bagi Presiden Joko Widodo yang diagendakan akan meresmikan bandara tersebut. Gelar ada yang akan diberikan yakni Turiganna Gayanglangi Tarapangna To Palulungan Sangulele.

- ADS -

Gelar ini bermakna “Pemimpin yang dianugrahi Tuhan, bijak, berkhidmat, tegas, adil, dan pengayom masyarakat, dalam kesatuan Republik Indonesia”.

Dalam pertemuan tersebut selain Tokoh Adat juga nampak hadir Forkopimda Tana Toraja diantaranya Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, Kapolres AKBP Lilik Tribhawono, Dandim 1414 Tana Toraja Letkol Czi Zaenal Arifin, Kejari Jefri P. Makapedua dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Timotius Djemey.

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Jelajah Goa Kurungan Deata Toraja, Sungguh Memacu Adrenalin

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Komunitas penggiat susur goa, Rock Climbing Toraja Club (RCTC), kembali menaklukkan goa vertikal Toraja, Goa...

Berita Lain

- Advertisement -