fbpx

Korupsi APBL, Mantan Kades Butang Tana Toraja Dibui

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Mantan Kepala Lembang (Desa) Butang, Kecamatan Mappak, Tana Toraja inisial AA (53) ditetapkan tersangka kasus korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Lembang (APBL) sebesar Rp 364 juta, Rabu (7/12/2022).

“Tersangka menjabat kepala desa periode 2013-2019, menyalahgunakan anggaran APBL tahun 2018 dan 2019,” papar Kapolres Tana Toraja, AKBP Juara Silalahi melalui jumpa pers Rabu siang.

Juara menjelaskan, AA mengambil alih tugas pejabat teknis pengelola keuangan lembang. Termasuk tugas Bendahara dan Sekretaris Lembang.

Dalam laporan pertanggungjawaban keuangan, AA merekayasa pengeluaran dan besaran nilai kwitansi. Di mana, ia mencantumkan nilai maksimal dalam dokumen APBL, bukan nilai yang sebenarnya.

Akibatnya, pertanggungjawaban administrasi keuangan Lembang Butang tidak didukung dengan dokumen yang lengkap dan sah. Selain itu, juga ditemukan penyimpangan lain yang dilakukan oleh tersangka AA.

Diantaranya, pembayaran fiktif atas HOK pekerjaan fisik, belanja fiktif honor tim pelaksana kegiatan dan belanja fiktif pengembangan BUM lembang.

Kemudian belanja intensif hansip, hakim pendamai serta dana bidan yang tidak tersalurkan.

“Dana yang tidak tersalurkan ini berada dalam penguasaan AA yang digunakan untuk kepentingan pribadi,” ungkap Juara.

Sehingga sambungnya, berdasarkan hasil audit, ditemukan penyimpangan yang menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 364.973.000.

Tersangka kini mendekam di rumah tahanan Polres Tana Toraja. Ia dijerat pasal berlapis dengan ancaman hukuman paling sedikit 4 tahun dan maksimal seumur hidup.

Tom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kronologis Truk Terguling Tewaskan 2 Orang di Toraja Utara, Polisi: Sopir Akan Kami Periksa

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Kecelakaan maut mengakibatkan dua orang tewas dan tujuh luka-luka terjadi di jalan poros Sa'dan, Pallawa,...

Berita Lain