fbpx
27 C
Makassar
Sabtu, 22 Januari 2022

KPU Toraja Utara Teken MoU Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Bersama Pemda Toraja Utara

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara melaksanakan penandatanganan kerjasama Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) dengan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Gabungan Dinas Pemerintah Kabupaten Toraja Utara di Marante, Kamis (19/8).

Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom menjelaskan bahwa Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan merupakan sebuah program Pendidikan Pemilih yang ditujukan kepada masyarakat terutama di daerah dengan tingkat partisipasi rendah, daerah rawan bencana alam dan daerah dengan tingkat pelanggaran Pemilu maupun Pemilihan tinggi.

KPU Toraja Utara Teken MoU Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Bersama Pemda Toraja Utara - Zonakata.com


Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas partisipasi Pemilih di Toraja Utara. KPU Toraja Utara juga mengharapkan dengan berjalannya kegiatan ini nantinya akan meningkatkan partisipasi masyarakat di daerah yang rendah partisipasinya serta dapat mengurangi tingkat pelanggaran Pemilu dan Pemilihan.

“Untuk tahun ini KPU Toraja Utara mengambil 2 (dua) lokus yakni Kelurahan Pangala’ Kecamatan Rindingallo dan Lembang Pebulian, Kecamatan Sa’dan,” ujar Bonnie saat melakukan sambutan.

Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan adalah program yang di gagas oleh KPU RI yang akan dilaksanakan oleh KPU di daerah.

Untuk menghadapi pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Serentak di tahun 2024, maka penting dari sekarang menanamkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang konsep dasar demokrasi dan hak-hak masyarakat sebagai Warga Negara termasuk memperkuat pengetahuan lain terkait tahapan Pemilu dan Pemilihan serta isu-isu terkait kepemiluan agar kesadaran masyarakat dalam bernegara bisa terbangun serta mendorong masyarakat yang sudah masuk kategori wajib pilih menggunakan hak tersebut pada saat hari pemungutan suara diselenggarakan.

- ADS -

Dalam program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan ini KPU Toraja Utara berharap bisa memfasilitasi masyarakat agar memiliki kemampuan kalkulasi rasional dan ilmiah yang berlandaskan pengetahuan (knowledge), kesadaran (awarenes) dan rasa tanggungjawab (responsibility) untuk membangun bangsa dan negara. Ketika hal-hal ini telah menjadi dasar Pemilih dalam membuat pilihan politik maka iklim penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan pun akan menjadi lebih berkualitas dan bermartabat.

“KPU Toraja Utara mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pemda Toraja Utara yang telah mendukung penuh pelaksanaan program kegiatan ini. Kita mengharapkan ditahun-tahun mendatang, program ini bisa terus berlanjut ke Lembang dan Kelurahan lainnya di Toraja Utara. Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan ini merupakan Gerakan Desa Demokrasi Dari Toraja Utara Untuk Indonesia,” terang Bonnie Freedom.

KPU Toraja Utara Teken MoU Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Bersama Pemda Toraja Utara - Zonakata.com

Sementara itu, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang berharap dengan adanya MOU ini KPU Toraja Utara lebih matang dalam menghadapi Pemilu dan pemilihan serentak.

“Saya berharap KPU kedepannya lebih matang dalam menghadapi Pemilu dan Pemilihan Serentak, dan kami selaku Pemerintah Daerah siap mendukung setiap program kerja KPU Toraja Utara dalam menyukseskan Pemilihan ini”. Ujar Yohanis Bassang saat ditemui usai melakukan penandatanganan MoU.

Ajir/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Kemenag Sulsel Juara 1 Turnamen Bulutangkis Korpri Cup I 2022

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi-Selatan, Andi Sudirman Sulaiman hadir meyaksikan pertandingan final Turnamen Bulutangkis KORPRI Cup...

Berita Lain

- Advertisement -