fbpx

KPU-Bawaslu-DKPP Deklarasikan Pemilu Berintegritas

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – JAKARTA Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dan Ketua DKPP Heddy Lugito menandatangani deklarasi pemilu berintegritas dalam Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Penyelenggara Pemilu.

Rakornas yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, turut berpesan kepada seluruh penyelenggara pemilu untuk menciptakan Pemilu 2024 yang terpercaya dan terlegitimasi.

Naskah deklarasi kemudian dibacakan oleh seluruh peserta Rakornas sejumlah 1.408 penyelenggara pemilu yang terdiri dari tiga unsur yakni Bawaslu, KPU, dan Tim Pemeriksa Daerah (TPD) DKPP.

Dalam sambutan Presiden Jokowi mengatakan Pemilu 2024 ini merupakan pesta demokrasi terbesar yang pernah diselenggarakan bangsa Indonesia.

“Kalau kita bisa bayangkan dari Aceh sampai Papua, dari seluruh provinsi sampai kab/kota, ada 840 ribuan TPS. Betapa ini sebuah pesta demokrasi besar,” sebut dia saat membuka Rakornas yang digelar pada Rabu (8/11/2023).

Presiden mengungkapkan tantangan Pemilu 2024 juga besar, baik mengenai tata kelola pemilu akuntabel, berintegritas, mekanisme distribusi, serta mekanisme pengamananannya.

Maka dari itu, dia meminta seluruh penyelenggara pemilu untuk mewujudkan kontestasi berkualitas, damai, sejuk, kontestasi tanpa hoaks, dan kontestasi tanpa ujaran kebencian sehingga nanti bisa menghasilkan solusi yang dihadapi bangsa.

“Tentu saja proses dan hasil (Pemilu 2024) harus terlegitimed dan terpercaya. Terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh penyelenggara pemilu yang telah bekerja keras untuk melaksanakan setiap tahapan Pemilu 2024, baik KPU, Bawaslu, dan DKPP,” imbuh presiden.

Selaku penyelenggara Rakornas, Ketua DKPP Heddy menyampaikan Rakornas dimaksudkan untuk menyatukan langkah penyelenggara pemilu dalam pelaksanaan tugas, wewengan dan kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, lanjut dia, Rakornas juga untuk memegang teguh kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu, mengingat KPU Bawaslu dan DKPP adalah satu kesatuan penyelenggara pemilu yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing.

Berikut isi Deklarasi Pemilu Berintegritas:
Kami penyelenggara pemilu tahun 2024 berjanji;
1. Menjaga integritas kehormatan, kemandirian, dan kredibilitas penyelenggara pemilu demi mewujudkan pemilu yang demokratis
2. Melaksanakan tugas kewenangan dan kewajiban sebagai penyelenggara pemilu berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip kode etik, serta pedoman perilaku penyelenggara pemilu*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Duta GenRe Kota Parepare Dapat Tiket Nasional Usai Raih Prestasi Juara 1 di Tingkat Provinsi

ZONAKATA, MAKASSAR - Dua duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Parepare berhasil meraih prestasi gemilang pada malam puncak Apresiasi Duta...

Berita Lain