fbpx

10 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 8 Paling Dicari Kaum Pria

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – Pisang adalah buah yang dikenal luas di Indonesia. Buah pisang juga disebut sebagai buah terpopuler di dunia. Buah ini tercatat paling banyak dikonsumsi oleh penduduk dunia.

Dilansir dari detik.com yang mengutip laman Wonderpolis, setidaknya 100 miliar pisang dikonsumsi di seluruh dunia setiap tahunnya. Adapun negara dengan penduduk yang mengonsumsi pisang terbesar yakni India, China, Brasil, dan Indonesia.

Sekitar 75% perdagangan buah tropis tahunan dihasilkan oleh pisang. Fakta lainnya, pisang juga menjadi buah yang paling banyak diekspor di dunia.

Eksportir terbesar buah pisang yang diketahui adalah Ekuador. Sementara, Amerika Serikat menjadi negara pengimpor pisang paling banyak.

Pisang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Nama pisang sendiri berasal dari kata Arab yakni Banan yang berarti jari. Satu kelompok pisang dikenal sebagai tandan.

Guna menghasilkan satu tandan yang lengkap tepatnya sebanyak 170 buah, tumbuhan pisang memerlukan waktu setidaknya sembilan bulan.

Buah pisang bisa tumbuh sepanjang tahun dan cukup melimpah. Setidaknya saat ini ada sekitar 150 negara yang menanam hampir dari 1.000 varietas pisang yang berbeda.

Buah pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara dimakan langsung, digoreng, dikukus, dibuat keripik atau diolah bersama bahan lain. Pisang tidak hanya enak, tetapi mengandung banyak manfaatnya.

Apa Saja Manfaat Pisang?

Dilansir dari HaloDoc.com pisang mengandung serat yang tinggi. Selain itu, makanan sehat ini juga mengandung serat dan potasium yang baik untuk tubuh. Konsumsi pisang bisa membantu kamu menjaga kesehatan jantung, mengontrol berat badan, hingga meningkatkan kesuburan pria. Berikut 10 manfaat pisang bagi kesehatan tubuh :

1. Menjaga kesehatan jantung

Buah ini mengandung potasium yang tinggi. Potasium merupakan mineral yang mampu menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Melansir dari jurnal Current Hypertension Report yang berjudul The importance of potassium in managing hypertension, konsumsi potasium yang cukup mampu menurunkan risiko gangguan jantung di kemudian hari.

Selain itu, buah ini juga mengandung flavonoid yang mampu menurunkan risiko gangguan kesehatan jantung.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah ini juga mengandung serat yang tinggi. Serat dapat menyerap air dengan baik dalam pencernaan. Hal ini membuat feses dapat keluar dengan lebih mudah. Sehingga kamu akan terhindar dari sembelit.

Memenuhi kebutuhan serat juga bisa membantu menurunkan risiko peradangan pada usus. 

3. Mengontrol berat badan

Kandungan serat dalam pisang juga bisa membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini terjadi karena proses pencernaan yang menjadi lambat sehingga pengosongan perut menjadi tertunda.

4. Menurunkan risiko peradangan kronis

Buah ini juga mengandung antioksidan yang cukup baik untuk kesehatan. Antioksidan bisa melindungi tubuh dari berbagai kerusakan yang terjadi akibat paparan radikal bebas.

5. Meningkatkan kesehatan ginjal

Potasium dalam buah ini ternyata baik untuk meningkatkan fungsi ginjal. Memenuhi kebutuhan potasium dalam tubuh dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang berkaitan langsung dengan kondisi kesehatan ginjal.

6. Membantu pemulihan atau menambah energi

Pisang juga mengandung Karbohidrat yang dapat mengoptimalkan energi. Apalagi jika kita dalam kondisi pemulihan setelah sakit atau berolahraga, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah ini sebagai camilan sehat.

7. Membantu proses penyembuhan luka

Bukan hanya dagingnya, ternyata kulitnya juga memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membantu proses penyembuhan luka lebih cepat dengan mengoleskan bagian dalam kulit buah ini pada luka ringan. Meskipun begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat yang satu ini.

8. Meningkatkan kesuburan pria

Rutin mengonsumsi buah ini juga memiliki manfaat sendiri bagi pria. Kekurangan potasium dapat menyebabkan penurunan testosteron yang berkaitan dengan kesuburan.

Penurunan testosteron dapat dicegah dengan mengonsumsi pisang. Selain dapat meningkatkan hormon ini, potasium juga mampu meningkatkan libido dan daya tahan seksual.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Jika merasa terganggu dengan kualitas tidur, sebaiknya cobalah untuk rutin mengonsumsi buah pisang. Buah ini mengandung tryptophan, sejenis asam amino yang mampu menghasilkan serotonin lebih banyak.

Jumlah serotonin yang baik dalam tubuh membuat kamu akan terhindar dari kondisi stres hingga depresi. Saat tingkat stres bisa kamu kelola dengan baik, maka kamu dapat mengalami peningkatkan kualitas tidur.

10. Menjaga kesehatan mata

Pisang memiliki kandungan vitamin A dan E yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, buah ini juga mengandung lutein dan antioksidan yang menjadi nutrisi penting untuk menurunkan risiko degenarasi makular. (Sumber: HaloDoc.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Serius Hadapi Pilkada Tana Toraja, Zadrak Tombeg Daftar di Gelora

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Setelah mendaftar di Partai Demokrat, PDI Perjuangan dan Partai Nasdem, Zadrak Tombeg juga mendaftar di...

Berita Lain