fbpx

Pertarungan di Dapil 5 Tana Toraja Diprediksi Ketat; Posisi Petahana Terancam?

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Persaingan dalam memperebutkan kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Tana Toraja dipastikan akan berlangsung sengit. Dapil yang meliputi Kecamatan Rembon, Malimbong Balepe dan Rantetayo ini menyediakan 5 kursi.

Pada Pileg 2019 lalu Partai Nasdem berhasil meraih suara terbanyak dengan 4.419 suara, disusul PDI Perjuangan 3.939 suara, Partai Golkar 3.149 suara, Partai Hanura 2.519 suara dan Partai Demokrat dengan 2.401 suara.

Kelima parpol inilah yang memiliki suara terbesar yang berhasil meraih kursi di dapil 5. Masing-masing Yuli Saranga (1,733 suara), Martinus Paonganan (2.116 suara), Bertha Pidun (1.413 suara), Sony Palullungan (1.359 suara) dan Yusup Palebangan Pillo (1.175 suara).

Pada Pileg 2024, sejumlah parpol mendapat amunisi baru dijajaran daftar bacalegnya. Seperti mantan anggota DPRD dari PKPI, Nataniel Retta diketahui telah bergabung ke Partai Golkar. Pada pemilu 2019 silam, Nataniel meraih suara yang cukup signifikan.

Seperti halnya mantan politisi PDI Perjuangan, Paulus Paonganan juga telah melompat dan terdaftar sebagai bacaleg di Partai Hanura. Paulus yang merupakan anggota DPRD Tana Toraja periode 2014-2019 lalu, juga memiliki suara yang signifikan pada Pileg 2019 silam.

Untuk itu persaingan internal parpol dan antar parpol bisa dipastikan akan lebih kompetitif. Partai pemilik kursi didapil 5 harus bekerja ekstra keras untuk mempertahankan kursinya, seperti Partai Golkar, Hanura, Demokrat, Nasdem dan PDI Perjuangan.

Itu juga berlaku bagi para petahana jika ingin duduk kembali di parlemen. Mereka harus bekerja keras karena sejumlah parpol lainnya seperti Partai Gerindra, Perindo, PSI hingga PKB juga mengincar kursi didapil 5. Parpol tersebut tidak dapat dipandang sebelah mata.

Seperti yang dikatakan Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Tana Toraja, Rianto Turun Nio yang optimis partainya mampu meraih satu kursi di dapil 5. Ia mengaku dengan komposisi bacaleg yang dimiliki, PSI akan mengunci satu kursi.

“Kita target minimal 4 kursi, salah satunya dari dapil 5,” ucapnya singkat.

Anjas/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Serius Hadapi Pilkada Tana Toraja, Zadrak Tombeg Daftar di Gelora

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Setelah mendaftar di Partai Demokrat, PDI Perjuangan dan Partai Nasdem, Zadrak Tombeg juga mendaftar di...

Berita Lain