fbpx
32 C
Makassar
Rabu, 10 Agustus 2022

Periode Juni 2022, KPU Tana Toraja Tetapkan 169.364 Pemilih

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Untuk periode Juni 2022, KPU Tana Toraja kembali menetapkan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB). DPB itu ditetapkan dalam rapat pleno yang dilaksanakan diruang rapat Rumah Pintar Pemilu (RPP), Kamis (30/6).

Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua dan anggota KPU, Sekretaris, para Kasubag serta staf Sekretariat KPU Tana Toraja.

Berdasarkan pasal 20 huruf (i) UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dimana KPU Kabupaten/Kota wajib melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan dan berdasarkan PKPU 6 Tahun 2020 serta surat KPU RI Nomor 366/2021 tanggal 21 April 2021 perihal Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2021.

Selain itu KPU melakukan pembaharuan terhadap data pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat (TMS) pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), melakukan verifikasi terhadap pemilih yang telah berusia 17 tahun untuk selanjutnya ditambahkan sebagai pemilih baru, melakukan verifikasi terhadap pemilih yang telah melakukan perubahan elamen data pada identitas kependudukannya, serta melakukan verifikasi terhadap TNI/POLRI yang beralih status sebagai masyarakat sipil untuk ditambahkan sebagai pemilih baru dan masyarakat sipil yang beralih status sebagai TNI/POLRI untuk dikeluarkan dari Daftar Pemilih (TMS).

Periode Juni 2022, KPU Tana Toraja Tetapkan 169.364 Pemilih

“Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini bertujuan meng-update data pemilih setiap bulannya pasca Tahapan Pemilihan,” kata Intan Parerungan anggota KPU Tana Toraja bidang Data dan Informasi.

Menurutnya update itu dilakukan dengan mencoret atau mengeluarkan pemilih yang TMS atau tidak memenuhi syarat termasuk pemilih yang belum melakukan perekaman KTP el maupun menambahkan pemilih baru serta melakukan perbaikan data pemilih.

- ADS -

Dalam rapat tersebut, Intan Parerungan menyampaikan hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan II Periode Juni sebanyak 169.364 pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 86.183 orang dan pemilih perempuan berjumlah 83.181 orang yang tersebar di 19 kecamatan dan 159 Kelurahan Lembang.

“Adapun pemilih yang tidak memenuhi syarat sebanyak 72 orang sedangkan pemilih baru ada 52 orang,” bebernya.

Data tersebut merupakan tanggapan dan masukan dari masyarakat, Disdukcapil Tana Toraja dan Polda Sulsel melalui KPU Provinsi Sulsel.

Sejumlah data yang ditetapkan dalam rapat pleno rekapitulasi DPB juga bersumber dari hasil koordinasi dan Coklit terbatas KPU Tana Toraja bersama pemerintah kelurahan/Lembang.

Hasil Pemutakhiran Data Pemilih setiap bulannya diumumkan di website https://kab-tanatoraja.kpu.go.id, dengan begitu masyarakat dan semua pihak dapat mengakses data yang dimaksud, KPU juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mengawal hak pilihnya dengan cara memberikan informasi,tanggapan dan masukan terkait Data Pemilih melalui https://lindungihakmu.kpu.go.id

Rls/Anjas/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

BPKA: Rel Kereta Api At Grade Aman dari Banjir dengan Q.50 Tahun

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Kekhawatiran Walikota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto bahwa dengan meneruskan konsep perencanaan rel kereta api (KA)...

Berita Lain

- Advertisement -