fbpx

Peringati Hari Kanker Sedunia, RS dr Hasri Ainun Habibie Jadi Pusat Pemeriksaan Deteksi Dini

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – PAREPARE Pemerintah Kota Parepare, bekerjasama Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) cabang Sulselbar, peringati Hari Kanker Sedunia yang dipusatkan di Kota Parepare, Sabtu (17/2/2023).

Plt. Direktur Rumah Sakit (RS) dr Hasri Ainun Habibie (HAH), dr. Mahyuddin menjelaskan, ada dua kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati hari kanker sedunia.

Pertama adalah simposium yang dibuka Wali Kota Parepare di Auditorium BJ Habibie, kedua yang tidak kalah pentingnya adalah pemeriksaan deteksi dini kanker yang dipusatkan di Rumah Sakit dr Hasri Ainun Habibie.

Parepare dipilih sebagai kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker, lanjut dr. Mahyuddin, karena diketahui Pemerintah Kota Parepare sangat konsen terhadap isu-isu berbasis kesehatan sehingga Perhimpunan Onkologi Indonesia Sulselbar yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu kedokteran merasa bahwa Parepare sangat siap untuk dilakukan acara peringatan hari kanker sedunia.

“Ditunjang alat kesehatan lengkap di RS HAH yang sangat sangat memadai untuk dilakukan pemeriksaan deteksi dini kanker,” ungkapnya.

Adapun tim dokter yang melakukan pemeriksaan, kata dia, adalah para guru besar Profesor Dokter dan konsultan dari Makassar yang tergabung dalam POI turun langsung melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker.

“Pemeriksaan deteksi dini dilakukan pada kanker rahim yang ditandai dengan pemeriksaan pap smear (kanker serviks), deteksi dini kanker saluran cerna, deteksi dini pada kanker tumor leher, tenggorokan, dan mata,” jelasnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

IKA Unhas Sambut Kunjungan Pj Gubernur Prof Zudan Arif di Sulsel

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin turut hadir menyambut kehadiran Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi...

Berita Lain