fbpx

Wapres Ma’ruf Amin Terharu AAS Bangun Masjid dan Rumah Sakit Internasional

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – MAKASSAR Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri ground breaking Masjid Hajjah Andi Nurhadi dan Rumah Sakit Internasional Andi Amran Sulaeman (AAS) di Kota Makassar, Senin (9/10/2023).

Dalam sambutannya, Ma’ruf Amin merasa terharu akan dibangunnya Masjid Hajjah Andi Nurhadi dan Rumah Sakit Internasional AAS. Kata dia, 2 bangunan tersebut sudah menjadi cita-cita Andi Amran Sulaiman sejak dulu.

“Saya merasa bangga dan terharu, karena pak Amran sudah bisa mewujudkan cita-cita lamanya untuk membangun masjid dan rumah sakit,” kata Ma’ruf Amin.

Ma’ruf mengungkapkan, masjid Hajjah Andi Nurhadi akan menjadi pusat peradaban Islam di Indonesia. Dia juga menyakini, rumah sakit Internasional AAS akan menjadi pusat kesehatan terbaik di Indonesia.

Wapres Ma'ruf Amin Terharu AAS Bangun Masjid dan Rumah Sakit Internasional

“Saya kemarin berkunjung ke Uzbek, di sana dibangun pusat Islamic pusat peradaban dan saya iri sekali. Oleh karena itu, saya merasa bersyukur karena ternyata di sini juga dibangun pusat peradaban Islam yang akan menjadi kebanggaan kita bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Andi Amran Sulaiman menjelaskan, nama masjid yang akan dibangunnya itu diambil dari nama almarhum sang ibu yakni Hajjah Andi Nurhadi. Masjid tersebut kata dia akan memiliki sejumlah fasilitas dan akan menjadi pusat pengembangan peradaban Islam di Kawasan Timur Indonesia.

“Nama masjid ini kami ambil dari nama Ibu saya yakni Andi Nurhadi. Masjid yang dibangun tidak hanya tempat ibadah tapi juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan lainnya dan pusat peradaban Islam di kawasan Timur Indonesia,” ucap mantan Menteri Pertanian ini.

Wapres Ma'ruf Amin Terharu AAS Bangun Masjid dan Rumah Sakit Internasional

Sebagai informasi, bentuk Masjid Hajjah Andi Nurhadi merepresentasikan kapal pinisi sebagai apresiasi terhadap kebanggaan masyarakat Suku Makassar dan Suku Bugis yang terkenal dengan pelaut ulung. Sementara itu, pinisi dikenal akan kegagahan dan ketangguhannya mengarungi samudera.

Pembangunan Masjid Hajjah Andi Nurhadi juga terinspirasi dari Masjid Istiqlal Jakarta. Masjid Hajjah Andi Nurhadi nantinya akan memiliki sejumlah fasilitas. Fasilitas plaza UMKM merupakan pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat di Makassar dan pelataran dalam Masjid Hajjah Andi Nurhadi terinspirasi dari Kota Suci, Madinah.

Aula Masjid Hajjah Andi Nurhadi berwarna aksen emas dan memiliki kapasitas 1.000 tempat duduk. Lalu, area salat pria berkapasitas 10 ribu jemaah, sementara area salat wanita berkapasitas 5.000 jemaah. Masjid ini juga memiliki sejumlah lorong yang menceritakan penggalan sejarah Nabi Muhammad. Kemudian, masjid juga dilengkapi dengan inkubator yang terdiri atas perpustakaan, playground, taman pendidikan Al-Qur’an, dan kantor.

Menara Masjid Hajjah Andi Nurhadi memiliki ketinggian mencapai 171 meter. Di puncak menara terdapat fasilitas sky restaurant deluxe dan observation deck Kota Makassar.

Sementara itu, Rumah Sakit Internasional Andi Amran Sulaeman (AAS) mampu menampung 20 ribu pasien. Rumah sakit itu dibuat Andi Amran sebagai ikhtiar untuk ibunya.

Ari/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TSM Resmikan Posko Induk HSL Special Force’s

ZONAKATA, PAREPARE – Bakal Calon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid (TSM) hadir dan meresmikan langsung Posko Induk HSL Special...

Berita Lain