fbpx
28 C
Makassar
Senin, 26 Juli 2021

Partai Nasdem dan Hanura Sudah OK, Partai Lain Akan Berlabuh Kemana?

Populer

- ADS -

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Dua pasang bakal calon Bupati Tana Toraja dan Wakil Toraja telah mendapat angin segar untuk maju pada Pilkada Tana Toraja 2020.

Keduanya adalah Petahana Nicodemus Biringkanae dan Victor Datuan Batara telah mendapat rekomendasi dari Partai Nasdem serta pasangan Albertus Patarru dan John Diplomasi yang menjadi satu satunya bakal calon dari Partai Hanura yang diusulkan ke DPP.

Saat ini masih ada 7 partai politik yang memiliki kursi di DPRD belum menentukan sikap yakni Partai Golkar (7 kursi), PDI Perjuangan (5 kursi), Partai Demokrat (4 kursi) dan Partai Gerindra (2 kursi).

Sementara Partai Perindo, PKPI serta Partai Berkarya masing-masing memiliki satu kursi di DPRD. Melihat komposisi itu, maka sangat memungkinkan masih dapat muncul dua pasang calon dari jalur partai politik.

Saat ini pasangan Nico-Victor telah aman. Tanpa berkoalisi pun Partai Nasdem sudah dapat mengusung calonnya sendiri. Sedang, Partai Hanura masih harus mencari 10 persen kursi di DPRD atau minimal 3 kursi lagi, agar dapat juga mengusung calonnya.

Yang menarik adalah Partai Golkar. Memiliki 7 kursi di DPRD, sebenarnya Partai Golkar dapat mengusung calonnya sendiri. DPD I Partai Golkar Sulsel melalui Ketua Tim 9 Penjaringan Cakada, Kadir Halid pernah menyebut akan mengusung kader untuk maju sebagai calon Bupati.

Namun Ketua DPD II Partai Golkar Tana Toraja, Victor Datuan Batara telah memastikan maju berpasangan dengan Nicodemus Biringkanae sebagai calon 02, bukannya 01. Apakah nantinya Partai Golkar akan tetap mengusungnya atau malah mendukung kader lain untuk maju sebagai 01, kita tunggu saja.

Lain halnya dengan Partai Demokrat, yang telah secara gamblang menyatakan tidak akan lagi mengusung petahana. Padahal pasangan petahana Nico-Victor dulu mengendarai Partai Demokrat dan berhasil menang pada Pilkada 2015 silam. Paling tidak pernyataan itu telah membuka asa bagi kandidat lain.

Sementara partai besutan Megawati, PDI Perjuangan belum juga diketahui arah mana partai itu akan berlabuh. Ada 12 bakal calon telah mendaftar pada tahap penjaringan lalu, 5 bakal calon Bupati selebihnya adalah calon Wakil Bupati. Kini nama nama itu telah berada ditangan DPP, kita tinggal menunggu siapa kandidat yang bakal mendapat rekomendasi dari partai berlambang banteng moncong putih ini.

Sedangkan Partai Gerindra, Perindo, Berkarya dan PKPI juga masih menunggu akan berkoalisi dengan partai mana. Jika melihat koalisi dalam Fraksi yang ada di DPRD Tana Toraja, maka Partai Gerindra kemungkinan berkoalisi dengan Partai Berkarya dengan jumlah 3 kursi. Artinya masih membutuhkan koalisi lagi dengan parpol lain untuk bisa mengusung calon.

Seperti halnya PKPI kemungkinan besar akan merapat ke Partai Demokrat. PD yang memiliki 4 kursi ditambah 1 kursi milik PKPI juga masih kekurangan 1 kursi. Sedangkan Partai Perindo yang juga memiliki 1 kursi jika bergabung dengan Partai Hanura maka mereka juga masih kekurangan 2 kursi.

Maka mau tak mau lobi-lobi politik antar parpol sangat dibutuhkan agar cukup 20 persen sesuai persyaratan untuk dapat mengusung calonnya sendiri pada Pilkada Tana Toraja nanti. Idealnya ada 4 pasang calon yang bisa muncul dari usungan Parpol. Itu jika Partai Nasdem dan Partai Golkar mengusung calonnya masing-masing.

Sementara PDI Perjuangan dan Partai Demokrat dapat berbagi dengan parpol lainnya sehingga cukup untuk mengusung. PDI Perjuangan tinggal mencari 1 kursi lagi sementara Partai Demokrat masih butuh dua kursi. Kita tinggal menunggu akhir dari semua proses itu yang mungkin endingnya nanti akan membuat kita terkejut.

Berikut Perolehan Kursi setiap Parpol di DPRD Tana Toraja

  1. Partai Golkar (7 kursi atau 23.3 persen)
  2. Partai Nasdem (6 kursi atau 20 persen)
  3. PDI Perjuangan (5 kursi atau 16.6 persen)
  4. Partai Demokrat (4 kursi atau 13.3 persen)
  5. Partai Hanura (3 kursi atau 10 persen)
  6. Partai Gerindra (2 kursi atau 6,6 persen)
  7. Partai Perindo (1 kursi atau 3.3 persen)
  8. Partai Berkarya (1 kursi atau 3.3 persen)
  9. PKPI (1 kursi atau 3.3 persen)

Dan sesuai dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pasal 40 ayat 1 berbunyi;

Partai Politik atau gabungan Partai Politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20% dari jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau 25% dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di daerah yang bersangkutan.

Maka sesuai aturan itu maka parpol atau gabungan parpol yang dapat mengusung jika parpol itu memiliki sedikitnya 20 persen atau minimal mempunyai 6 kursi di DPRD Tana Toraja.

Ulasan Redaksi

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Tana Toraja Lakukan Peningkatan SDM

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tana Toraja melaksanakan kegiatan Pembinaan SDM Kehumasan, yang bertempat...

Berita Lain

- Advertisement -