fbpx

Pemerintah Kabupaten Tana Toraja Gelar Pelatihan Dasar CPNS

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Sebanyak 98 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) mulai tanggal 4 s/d 28 Mei 2019.

Pelatihan dasar bagi CPNS itu dibuka secara resmi Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, Sabtu (4/5) digedung Tammuan Mali’ Makale.

Kepala BKPSDM Tana Toraja, Joni Tonglo selaku penyelenggara kegiatan mengatakan pelatihan dasar ini dilakukan untuk meningkatkan SDM bagi CPNS.

Dijelaskan penjaminan mutu dan penentu kelulusan bagi peserta Latsar ini dilakukan secara terintegrasi, tidak hanya akademis tetapi juga kehadiran yang nantinya akan ditentukan oleh Tim Evaluasi Akhir.

“Ada empat poin utama yang ditekankan dalam pelatihan ini, yakni sikap dan perilaku bela negara meliputi konsep kesiapsiagaan dan wawasan kebangsaan. Serta aktualisasi nilai-nilai dasar PNS, yang akan diterapkan dalam proses pelayanan publik,” paparnya.

Kepala BKPSDM Provinsi yang diwakili Kabid Kepemimpinan Aparatur, Sultan Rakib menegaskan bahwa melalui penyelenggaraan Latsar ini diharapkan setiap ASN memiliki nilai-nilai dasar yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi atau disingkat Aneka.

“Aneka ini merupakan nilai-nilai dasar yang harus diinternalisasikan dan dilaksanakan dalam pelaksanaan tugas keseharian,” ungkap Sultan.

Sementara Bupati Nicodemus saat membuka Latsar CPNS ini menekankan peserta agar memiliki dedikasi dan integritas yang tinggi dalam meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Tana Toraja.

“Pelatihan ini digelar untuk membentuk ASN yang mampu bekerja secara efisien dan efektif serta menjadi langkah awal dalam pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya.

Kabid SDM BKPSDM Tana Toraja, Ivan Kalalembang menjelaskan jika Pelatihan Dasar CPNS ini berbeda dengan Diklat Prajab. Pelaksanaa Latsar CPNS ini berdasarkan Perlan No.12 Tahun 2018.

Menurut Ivan, Latsar ini dilaksanakan selama 21 hari kerja dimana akan ada pembelajaran aktualisasi selama 30 hari yang dilaksanakan pada satuan kerja masing masing peserta.

Pada akhir pelatihan akan dilakukan evaluasi dengan metode seminarisasi. Kurikulum Latsar menerapkan materi klasikal dan non klasikal.

“Pembelajaran klasikal dilaksanakan secara on campus atau dalam kelas dan non klasikal secara out campus atau aktualisasi di satuan kerja masing masing peserta. Latsar ini hadir dengan spirit revolusi mental,” beber Ivan.

Dalam pembukaan Latsar CPNS yang merupakan kerjasama antara Pemkab Tana Toraja dan BPSDM Provinsi Sulsel dihadiri sejumlah pejabat daerah diantaranya Kepala Inspektorat, Damoris Sembiring, Asisten I Harris Paridi, Kadis Kominfo, Meyer Dengen, serta sejumlah camat.

rilis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Longsor di Pangra’ta Makale Selatan, 3 Meninggal, 1 Belum Ditemukan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Pangra’ta, Lembang (Desa) Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Tana...

Berita Lain