fbpx

Mengulik Peluang Parpol di Dapil I Tana Toraja

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 lalu diluar dugaan Partai Perindo mampu mengalahkan dominasi Partai Golkar di Daerah Pemilihan 1 Tana Toraja yang meliputi Kecamatan Makale dan Makale Selatan.

Diketahui selama ini dapil 1 dikenal sebagai basis Partai Golkar. Namun saat penetapan suara oleh KPU Tana Toraja, partai besutan Hary Tanoesoedibjo berhasil mengalahkan Golkar dengan meraih suara tertinggi.

Saat itu Partai Perindo meraih 5.206 suara sedangkan Partai Golkar hanya meraih 3.407 suara disusul PDI Perjuangan dengan 3.393 suara, Partai Nasdem 3.388 suara, Partai Hanura 2.518 suara dan Partai Demokrat 2.357 suara.

Selain meraih suara tertinggi, caleg Partai Perindo pada Pileg 2019 lalu juga meraih suara terbanyak yang disabet Yan Anggung Kala’lembang dengan 2.542 suara disusul caleg Partai Golkar Yariana Somalinggi 2.305 suara dan diposisi ketiga ditempati Andarias Tadan (Hanura) dengan 2.116 suara.

Namun pada Pemilu 2024 mendatang konstelasi politik didapil 1 diprediksi akan banyak berubah. Pasalnya sejumlah pendulang suara pada pileg 2019 lalu sudah tidak bertarung lagi. Seperti diketahui Yan Anggung Kala’lembang telah meninggal dunia dan kini posisinya digantikan oleh Yulius Paturu di DPRD Tana Toraja.

Sedangkan Yariana Somalinggi disebut-sebut akan maju ke DPRD Provinsi. Seperti halnya DR Kristian HP Lambe dari Partai Demokrat juga dikabarkan akan naik kelas untuk bertarung ditingkat provinsi. Sementara Yohanis Lintin Paembongan (PDIP), Evivana Rombe Datu (Nasdem), Andarias Tadan dan Yulius Paturu diyakini masih akan kembali bertarung didapil 1.

Sehingga semua partai politik (parpol) yang memiliki kursi dari dapil 1 masih memiliki peluang yang sama untuk mempertahankan kursinya termasuk dalam meraup suara sebanyak mungkin. Meski begitu posisi mereka tetap terancam oleh parpol yang sebelumnya tidak memiliki kursi didapil 1, salah satunya Partai Gerindra.

Dengan target tinggi, Partai Gerindra diprediksi akan meraih satu kursi dari dapil 1. Apalagi sejumlah bacaleg yang mendaftar di Partai Gerindra disebut memiliki basis massa yang jelas. Belum lagi pengaruh dari Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg selaku ketua partai yang juga memiliki banyak pendukung terutama dari Kecamatan Makale.

Posisi ini tentu berbahaya bagi partai lainnya. Jika salah dalam menempatkan calegnya maka bisa saja mereka akan kehilangan kursi. Untuk itu dalam menyusun komposisi calegnya nanti, para parpol pemilik kursi di dapil 1 harus cermat dalam menempatkan orang-orangnya. Apalagi saat ini sejumlah parpol baru dalam tahap penjaringan bacaleg.

Berikut anggota DPRD Tana Toraja hasil Pemilu Legislatif 2019 dari Daerah Pemilihan 1 Tana Toraja yang meliputi Kecamatan Makale dan Makale Selatan;

  1. Yohanis Lintin Paembongan (PDI Perjuangan)
  2. Yariana Somalinggi (Partai Golkar)
  3. Evivana Rombe Datu (Partai Nasdem)
  4. Yulius Paturu (Perindo)
  5. Andarias Tadan (Partai Hanura)
  6. DR Kristian HP Lambe (Partai Demokrat)

Catatan Redaksi

1 KOMENTAR

  1. partai golkar pd pemilu 2019 hanya diikuti oleh 5 orang caleg sebab salah satu caleg petarung dari partai tersebut meninggal dunia sebelum pemilu, namun demikian partai tersebut masih eksis pd posisi kursi ke 3 dari 6 kursi yg diperebutkan..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Andi Sudirman Silaturahmi ke Rais Syuriah PWNU Sulsel AGH Baharuddin

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Andi Sudirman Sulaiman bersilaturahmi di kediaman Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sulsel AGH.KH.Dr.Baharuddin, MA,...

Berita Lain