fbpx
30 C
Makassar
Kamis, 28 Oktober 2021

Menanti Listrik PLTA Menerangi Dusun 3 Palondongan

Populer

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang

ZONAKATA.COM – MOROWALI Dusun 3 Palondongan merupakan salah satu dari 5 dusun yang ada di Desa Dampala, Kecamatan Bahodopi, Morowali. Dusun tersebut merupakan dusun terjauh dan terpencil yang ada di Desa Dampala.

Hingga saat ini dusun itu terkendala masalah infrastruktur karena berada di daerah terpencil. Untuk menuju dusun itu memakan waktu sekitar 7 jam saking terpencilnya, itu pun harus menggunakan motor trail.

Nampak Kepala Desa Dampala Hartono harus menempuh perjalanan selama 7 jam dengan sejumlah rintangan untuk sampai di Dusun 3 Palondongan.

Jarak dari Kantor Desa Dampala menuju dusun 3 sejauh 60 KM dan harus melintasi wilayah Sulawesi Tenggara untuk mencapai dusun itu. Selain menjadi yang terjauh, dusun itu juga hingga saat ini belum tersentuh dengan aliran listrik.

- ADS -

Untuk itu Kepala Desa Dampala, Hartono mengupayakan pembangkit listrik tenaga air  (PLTA) di dusun itu, melalui turbin dengan menggunakan tenaga air. Bahkan saat ini jaringan kabel dari turbin kerumah warga sudah mulai terpasang.

“Jaringan kabelnya sudah terpasang, semoga tidak ada halangan sehingga secepatnya lampu menyala di Dusun 3 Palondongan,” ujar Hartono saat mengunjungi dusun itu, Selasa (4/2) lalu.

Diketahui Dusun 3 Palondongan dihuni oleh 37 KK. Saat malam tiba, penduduk di dusun itu memanfaatkan lampu minyak untuk menerangi rumah-rumah dan sebagian telah menggunakan lampu tenaga surya.

Dalam kesempatan itu Kepala Dusun Dusun 3 Palondongan, Abu BR mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Dampala yang selalu memberikan perhatian kepada dusun 3. Salah satunya dengan pengadaan turbin untuk penerangan.

“Meski jarak ke dusun 3 sangat jauh namun pak Hartono rutin berkunjung. Terima kasih atas perhatiannya selama ini.” ucap Abu.

(Sudir/ZK)

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Tingkatkan Militansi, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Pendidikan Kader

ZONAKATACOM - TANA TORAJA Sejumlah partai politik mulai memanaskan mesin partainya menatap pemilu 2024 . Salah satunya adalah PDI...

Berita Lain

- Advertisement -