fbpx

KPU Toraja Utara Terima Iringan Kirab Pemilu 2024 dari KPU Palopo

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utaa menerima rombongan Kirab Pemilu 2024 dari Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Dijemput di perbatasan Palopo-Toraja Utara di Kecamatan Nanggala, rombongan diterima dengan tarian adat Ondo Pua dan Pa’ gellu tua di halaman kantor KPU Toraja Utara, Kecamatan Rantepao, Kamis (10/8/2023).

Iring-iringan rombongan Kirab Pemilu dari Kota Palopo diikuti Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu, Sangmane Kodim 1414 Tana Toraja, Sekretariat KPU Toraja Utara, jajaran PPK setiap kecamatan yang dikawal oleh Polres Toraja Utara dan anggota Satpol PP.

Turut hadir pada rombongan yakni Ketua Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Provinsi Sulsel, Hasruddin Husain dan Kabag Teknis Penyelenggaraan KPU Sulsel, Ketua KPU Kota Palopo, Abbas Johan dan jajaran Sekretariat, Ketua, Anggota dan Sekretaris KPU Tana Toraja, Sekretariat KPU Pinrang dan Enrekang.

Ketua KPU Toraja Utara, Jan Hery Pakan dalam sambutannya menyampaikan rombongan Kirab Pemilu 2024 dengan tema Pemilu sebagai saran integrasi bangsa dimulai dari Papua sebagai wilayah zona tujuh yang melalui 43 kabupaten/kota di Indonesia, termasuk Toraja Utara.

Peluncuran Kirab Pemilu dimulai sejak tanggal 14 Februari 2023 lalu tepat setahun menuju hari pemungutan suara 14 Februari 2024 mendatang dan akan finish di KPU RI, Jakarta pada November 2023 nanti.

“Tujuan dari Kirab ini sebagai sosialisasi pendidikan pemilih yang menyasar masyarakat sebagai pemilih dan pemilih pemula, lima hari berada di Toraja Utara untuk sosialisasi,” ungkapnya.

Lanjut Jan, tanggal 16 Agustus 2023 mendatang, Kirab Pemilu 2024 akan diantarkan ke kabupaten Tana Toraja sebagai kabupaten tetangga yang juga dilintasi rombongan kirab.

Selama kirab berlangsung di Toraja Utara, penyelenggara baik dari KPU, PPK hingga PPS akan mengunjungi pusat keramaian, tempat kerajinan tradisional dan kelompok masyakat hingga sekolah-sekolah.

“Kami harap stakeholder berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini agar Pemilu sukses sesuai yang kita harapkan bersama dan berlangsung secara bebas, umum, rahasia, jujur dan adil,” pungkas Jan.

Turut hadir mewakili Pemkab Toraja Utara, Wabup Frederik Victor Palimbong, jajaran Forkopimda, pimpinan dan pengurus Parpol, lembaga mitra kerja KPU, Ketua dan PPK se Toraja Utara dan tamu undangan lainnya.

Setelah sambutan dilanjutkan pembacaan Deklarasi Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa dan penandatanganan deklarasi.

Selanjutnya penyerahan bendera merah putih, bendera pataka dan bendera 18 Parpol peserta Pemilu 2024 dari KPU Kota Palopo yang diterima KPU Toraja Utara dan hiburan-hiburan. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tak Ingin Jadi Penonton, Hanura Bakal Dorong Kader Terbaiknya di Pilkada Enrekang

ZONAKATA.COM - ENREKANG  Jelang perhelatan Pilkada serentak pada 27 November 2024, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang, tidak...

Berita Lain