fbpx

KPU Toraja Utara : Pilkada 2024 Tanpa Calon Perseorangan

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara pada Pilkada 2024 dipastikan tanpa Pasangan Calon (Paslon) jalur perseorangan.

Hal itu disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara melalui siaran persnya, Senin (13/5/2024) sore.

Berdasarkan ketentuan KPU Nomor 532 tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemenuhan Syarat Dukungan Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Semuel Rianto Tappi menyampaikan jumlah Bakal Paslon jalur perseorangan yang menyerahkan dokumen syarat dukungan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara adalah nihil.

Lanjutnya, berakhirnya masa penyerahan dokumen syarat dukungan Bakal Paslon Perseorangan pada tanggal 12 Mei 2024 pukul 23.59 Wita.

“Kami sampaikan untuk diketahui masyarakat bahwa sesuai regulasi tentang dukungan Bakal Paslon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara tahun 2024 yaitu nihil atau tidak ada sama sekali,” kata Semuel.

Ia menjelaskan terkait tahapan penerimaan pemenuhan berkas Paslon Perseorangan hingga tanggal 2 Agustus 2024 mendatang adalah tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual terhadap dokumen dukungan yang dimasukan.

Sementara penerimaan pendaftaran bagi calon perseorangan hanya dibuka tanggal 5 Mei sampai 12 Mei 2024.

“Jelas di PKPU Nomor 2 alur tahapan perseorangan sampai tanggal 2 Agustus 2024 karena ada proses perbaikan dan verifikasi administrasi dan faktual pertama maupun kedua, jadi bukan terbuka pendaftarannya Mei hingga Agustus,” terangnya.

Untuk diketahui di Toraja Utara menjadi Bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati jalur perseorangan, maka syarat minimal persebaran dukungan sebanyak 17.672 dukungan E-Ktp yang tersebar di 11 kecamatan.

Jumlah itu diambil 10 persen dari total DPT Toraja Utara pada Pemilu 2024 sebanyak 176.718 pemilih yang kemudian dibulatkan keatas.

Kata Semuel, setelah tahapan pendaftaran jalur perseorangan, KPU akan fokus tahapan perekrutan PPK di tingkat kecamatan dan PPS tingkat kelurahan/lembang (desa), penyusunan program, pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih hingga pengumuman pendaftaran pasangan calon pada akhir bulan Agustus mendatang.

“Kita berharap di pendaftaran nantinya para Paslon taat administrasi dan pendaftaran melalui Silon, jadi tidak ada lagi fisik yang diserahkan Paslon ke KPU tapi semua data diakses di Sipol dan Silon,” tutup Semuel. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Idul Adha 1445 H, Pemkab Toraja Utara Serahkan Hewan Kurban di Empat Masjid

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA   Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menyerahkan empat ekor hewan kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha...

Berita Lain