fbpx

Pilkada Tana Toraja Diprediksi Maksimal Diikuti 4 Paslon

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Jika tidak ada calon dari jalur perseorangan maka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di Tana Toraja maksimal hanya diikuti 4 (empat) Pasangan Calon (Paslon).

Berdasarkan Undang-undang Pilkada bahwa syarat pencalonan Pilkada adalah 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen suara sah hasil pemilu. Karena DPRD Tana Toraja ada 30 kursi, maka minimal memiliki 6 kursi maka parpol tersebut dapat mengusung calonnya sendiri.

Jika mengacu pada regulasi itu, dengan pencalonan menggunakan kursi DPRD, maka idealnya, maksimal ada empat pasangan calon yang bisa ikut Pilkada Tana Toraja lewat jalur parpol.

Namun peluang 4 paslon di Pilkada Tana Toraja menjadi tipis jika ada sejumlah parpol yang berkoalisi.

Berdasarkan hasil Pileg 2024, ada tiga partai politik di Tana Toraja yang bisa mengusung langsung tanpa berkoalisi diantaranya Partai Golkar (7 kursi), Partai Gerindra dan Nasdem masing-masing memiliki 6 kursi.

Sementara parpol lainnya harus berkoalisi agar bisa mengusung calonnya sendiri. Seperti PDI Perjuangan dan Demokrat hanya memiliki 4 kursi, sedangkan Hanura, Perindo dan Gelora masing-masing 1 kursi.

Sejauh ini Partai Golkar masih diperebutkan antara Victor Datuan Batara (VDB) dengan John Rende Mangontan (JRM). Di Partai Gerindra, Zadrak Tombeg selaku ketua partai masih menjadi kandidat terkuat untuk diusung partai besutan Prabowo Subianto ini.

Sementara Partai Nasdem diperebutkan oleh 7 bacalon bupati yakni Zadrak Tombeg, Victor Datuan Batara, John Rende Mangontan, Nicodemus Biringkanae, Darma Lelepadang, Henry A. Pongrekun dan Sostenis Sampeliling.

Sejumlah kandidat tersebut diatas juga telah mendaftar melalui PDI Perjuangan dan Partai Demokrat. Selain nama-nama tersebut, anggota DPR RI Sarce Bandaso Tadiasik juga telah mendaftar di PDIP sebagai bacalon bupati.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Oktaviana Resmi Ketua PMKRI Gowa Periode 2024-2025 Melalui RUAC ke-III

ZONAKATA.COM - GOWA Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKI) cabang Gowa Sactus Robertus Bellarminus sukses menggelar Rapat Umum Anggota...

Berita Lain