fbpx
25 C
Makassar
Kamis, 28 Oktober 2021

KPU Tana Toraja Terus Lakukan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan

Populer

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja menggelar rapat koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan atau PDPB periode Juni, Rabu (30/6). Kegiatan yang berlangsung diruang rapat KPU, dibuka oleh Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa.

Dalam sambutannya, Rizal menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya PDPB yaitu untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu atau Pemilihan berikutnya.

Sementara Komisioner KPU Tana Toraja Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Intan Parerungan menambahkan bahwa maksud dengan kegiatan ini untuk berkoordinasi dalam rangka melaksanakan amanat UU No. 7 tahun 2017 untuk melakukan pemutakhiran data pemilih.

“Dengan melakukan koordinasi dengan pihak seperti Bawaslu, TNI-Polri, Parpol serta dinas-dinas terkait yang memiliki data dilingkungannya untuk dipergunakan dalam melakukan update data,” kata Intan saat memimpin rakor PDPB itu.

- ADS -

Dikatakan data yang dibutuhkan dari masing-masing instansi itu, diantaranya pemilih baru, pemilih yang meninggal dunia, pindah domisili, purnawirawan serta hasil rekapitulasi setiap bulan yang dilakukan oleh KPU Tana Toraja.

“Data-data yang telah diperoleh dari hasil koordinasi dengan berbagai pihak itu, selanjutnya akan diolah untuk mendapatkan rekapitulasi data pemilih yang di plenokan setiap bulannya, sehinggga KPU Tana Toraja dapat menyajikan daftar pemilih yang mutakhir, akurat dan akuntabel,” jelasnya.

Adapun jumlah pemilih dalam Rekapitulasi DPB periode Juni 2021 berjumlah 175.244 pemilih dengan rincian laki laki berjumlah 89.883 pemilih dan perempuan berjumlah 85.361 pemilih dengan sebaran pemilih baru sebanyak 52 pemilih, tidak memenuhi syarat karena meninggal dunia sebanyak 33 pemilih, pindah domisili sebanyak 8 pemilih dan pemilih ubah data sebanyak 1 pemilih.

Intan menjelaskan bahwa dibanding periode sebelumnya, DPB periode Juni 2021 mengalami penambahan 16 pemilih. Tambahan pemilih tersebut tersebar di 9 kecamatan. ia juga menginformasikan bahwa masyarakat dapat mengakses data DPB dilaman resmi KPU Kabupaten Tana Toraja.

“Hasil rekapitulasi DPB setiap bulannya kami umumkan di website resmi www.kabtanatoraja.kpu.go.id, dengan begitu masyarakat dapat mengakses data yang dimaksud. Kami juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mengawal hak pilihnya”. Pungkasnya.

Anjas/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Tingkatkan Militansi, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Pendidikan Kader

ZONAKATACOM - TANA TORAJA Sejumlah partai politik mulai memanaskan mesin partainya menatap pemilu 2024 . Salah satunya adalah PDI...

Berita Lain

- Advertisement -