fbpx

Ketat, Gerindra dan Perindo Incar Kursi di Dapil 5 Tana Toraja

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Persaingan dalam memperebutkan kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Tana Toraja dipastikan akan berlangsung sengit. Dapil yang meliputi Kecamatan Rembon, Malimbong Balepe dan Rantetayo ini menyediakan 5 kursi.

Pada Pileg 2019 lalu Partai Nasdem berhasil meraih suara terbanyak dengan 4.419 suara, disusul PDI Perjuangan 3.939 suara, Partai Golkar 3.149 suara, Partai Hanura 2.519 suara dan Partai Demokrat dengan 2.401 suara.

Kelima parpol inilah yang memiliki suara terbesar yang berhasil meraih kursi di dapil 5. Masing-masing Yuli Saranga (1,733 suara), Martinus Paonganan (2.116 suara), Bertha Pidun (1.413 suara), Sony Palullungan (1.359 suara) dan Yusup Palebangan Pillo (1.175 suara).

Pada Pileg 2024, sejumlah parpol mendapat amunisi baru yang terdaftar dalam daftar calon sementara (DCS). Seperti mantan anggota DPRD dari PKPI, Nataniel Retta diketahui telah bergabung ke Partai Golkar. Pada pemilu 2019 silam, Nataniel meraih suara yang cukup signifikan.

Seperti halnya mantan politisi PDI Perjuangan, Paulus Paonganan juga telah melompat dan terdaftar sebagai caleg di Partai Hanura. Paulus yang merupakan mantan anggota DPRD Tana Toraja periode 2014-2019 lalu, juga memiliki suara yang signifikan pada Pileg 2019 silam.

Diketahui khusus di dapil 5 ada 10 partpol yang bakal bertarung yakni PKB, Partai Golkar, Perindo, Hanura, Partai Gerindra, Nasdem, Demokrat PDI Perjuangan, PSI dan PKS yang hanya mengusulkan satu caleg. Didapil ini, Partai Gerindra dan Perindo berpotensi mendapatkan satu kursi.

Ketua DPC Partai Gerindra Tana Toraja Zadrak Tombeg sebelumnya mengatakan bahwa pada Pileg 2024, ia menargetkan 1 kursi dari setiap dapil termasuk dapil 5. Hal yang sama dikatakan Ketua DPD Perindo Tana Toraja, Hatsen Allorerung. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini juga mengincar kursi di dapil 5.

Anjas/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

IKA Unhas Sambut Kunjungan Pj Gubernur Prof Zudan Arif di Sulsel

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin turut hadir menyambut kehadiran Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi...

Berita Lain