fbpx
30 C
Makassar
Kamis, 28 Oktober 2021

Kemenparekraf RI dan ESR Gelar Diskusi Inovasi Event Toraja Utara Dimasa Pandemi Covid-19

Populer

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Direktorat Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengelar diskusi inovasi bersama Anggota DPR RI Komisi X, Eva Stevany Rataba (ESR).

Diskusi Inovasi Event Toraja Utara dimasa Pandemi diikuti para pelaku pariwisata dan UMKM, pemerintah daerah dan rekan media diruang Pango-pango Hotel Misiliana Kecamatan Kesu, Rabu (13/10).

Kepala Subdirektorat Pengembangan Wisata Budaya mewakili Kemenparekraf RI, Trindiana Mirring Tikupasang menyampaikan setelah setahun tidak digelar event dan pandemi Covid-19 saat ini pemberlakuan new normal, tentu harus beradaptasi dengan kondisi saat ini.

“Kita tetap semangat dan berkarya walau ditengah keterbatasan, di Toraja Utara sudah PPKM Level 2 maka kita bersyukur upaya pemerintah dan stakeholder bagaimana penting menjaga protokol kesehatan dengan ketat saat ini aktivitas dilakukan,” ujarnya.

- ADS -

Trindiana yang juga berdarah Toraja ini menjelaskan strategi kementrian dimasa pandemi Covid-19 harus berinovasi, beradaptasi dan kolaborasi, karena event tidak bisa terlaksana tanpa berinovasi dengan syarat pelaksanaan harus mematuhi protokol kesehatan.

Dicontohkan, pemerintah pusat berkolaborasi bersama Legislator Fraksi Nasdem DPR RI, Eva Stevany Rataba untuk pemerintah daerah. Dijelaskan jika Kemenparekraf RI sudah menerbitkan panduan kebersihan, kesehatan dan keselamatan lingkungan dalam melakukan event.

“Saya apresiasi mengembangkan potensi lokal produk kreatif yang tentu kita dorong, difasilitasi agar lebih maju dan semoga produk dari Toraja Utara bisa berkembang dan dikenal serta bagaimana agar event digelar disini dapat mengerakkan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Sementara Eva Stevany Rataba sebelum membuka acara menyampaikan kegiatan diskusi inovasi diwujudkan Kemenparekraf RI bertujuan bagaimana event dapat diproduksikan daerah sendiri sehingga dibutuhkan terobosan dan inovatif serta support dari pemerintah daerah.

“Komisi X bekerjasama dengan Kemenparekraf, saya harap di Toraja semakin banyak event, tahun 90 an Toraja itu sangat terkenal bukan hanya pariwisata tapi budayanya, namun semakin kesini budaya tergerus, dan saya harap event kedepan agar mengangkat kearifan lokal,” ungkap Eva.

ESR juga minta agar pemerintah daerah agar memberi ruang kepada wakil rakyat, para tokoh budaya, pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata agar memberikan ide dan masukan terkait event di Toraja baik Tana Toraja maupun Toraja Utara.

Membandingkan event Toraja Internasional Festival (TIF) dan Toraja Highland Festival (THF), ESR mengapresiasi THF yang digagas Masata dan Geopark itu menurutnya sangat membantu para pelaku UMKM dan harus terus disupport pemerintah pusat karena berharap anggaran dari pemerintah daerah saja tidak maksimal.

“Setelah berakhir jabatan saya tahun 2024, saya ingin di Toraja ada event berskala Internasional dan membutuhkan ide masukan para pelaku pariwisata dan budaya, terpenting apa impact untuk masyarakat dan daerah dari event,” harap Eva.

Eva berharap diskusi inovasi event semua dapat mengetahui tentang ekonomi kreatif dan masukan bagi pemerintah pusat, karena di DPR RI banyak wakil rakyat yang penasaran dengan Toraja yang rencananya akan hadir di bulan Desember serta ESR sangat bangga jika nama Toraja disebut di gedung parlemen.

Sebelum diskusi dimulai, dilaksanakan pemberian cinderamata dari Kemenparekraf RI kepada Anggota DPR RI Komisi X, Eva Stevany Rataba dan Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata (Disbudpar) Toraja Utara, Yorry Lesawengan.

Adapun narasumber atau pemateri yaitu Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Toraja sekaligus Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Toraja, Yulius Tandirerung yang menyimpulkan hasil diskusi bahwa event harus melibatkan kearifan lokal, koordinasi dengan banyak stakeholder dan jangan bergantung dari pemerintah.

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Tingkatkan Militansi, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Pendidikan Kader

ZONAKATACOM - TANA TORAJA Sejumlah partai politik mulai memanaskan mesin partainya menatap pemilu 2024 . Salah satunya adalah PDI...

Berita Lain

- Advertisement -