fbpx

Johanis Tanak Dinilai Cederai KPK Usai Salahkan Bawahan dalam Penetapan 2 Tersangka Kasus Kabasarnas

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – JAKARTA Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak menuai kontroversi usai meminta maaf atas pengusutan kasus dugaan korupsi Kepala Basarnas RI Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Usai KPK menetapkan 2 orang anggota TNI aktif dalam kasus suap Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi dan Koordinator Staf Administrasi (Koorsmin) Kabasarnas Letkol Adm Afri Budi Cahyanto, Johanis Tanak langsung meminta maaf atas penentuan tersangka tersebut.

“Kami paham bahwa tim penyidik kami mungkin ada khilaf, ada kelupaan, bahwasanya ada melibatkan TNI harus diserahkan kepada TNI, bukan KPK yang tangani,” kata Johanis kepada dalam konferensi pers Jumat (28/7/2023) kemarin.

Johanis bahkan menyalahkan anak buahnya dalam kasus tersebut, sehingga membuat pegawai KPK geram dan menuntut Johanis mundur dari jabatannya.

Berdasarkan surat elektronik yang tersebar, pegawai kedeputian KPK menyesalkan pernyataan Johanis Tanak yang menyalahkan bawahannya dalam proses penetapan tersangka 2 TNI aktif tersebut.

“Kami sebagai grassroot di tubuh penindakan KPK sangat prihatin atas pernyataan salah satu pimpinan KPK yang terkesan menyalahkan petugas atau tim lapangan atas hasil kerja kerasnya yang telah bersusah payah mengorbankan keselamatan diri, waktu, tenaga dan pikiran,” demikian isi surat tersebut.

Beberapa tuntutan yang disampaikan dalam isi surat :

  1. Permohonan maaf dari pimpinan kepada publik, lembaga KPK, dan pegawai KPK.
  2. Meralat pernyataan yang telah disampaikan kepada publik dan media.
  3. Pengunduran diri karena telah berlaku tidak profesional dan mencederai kepercayaan publik, lembaga KPK maupun pegawai KPK.

“Mengingat urgensinya tersebut besar harapan kami untuk pelaksanaannya tidak ditunda dengan alasan apapun,” bunyi penutup surat itu.(*/Ari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TSM Resmikan Posko Induk HSL Special Force’s

ZONAKATA, PAREPARE – Bakal Calon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid (TSM) hadir dan meresmikan langsung Posko Induk HSL Special...

Berita Lain