fbpx

Calon Kepala Daerah Jalur Perseorangan di Toraja Utara Wajib Setor 17.672 Dukungan

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara mengelar konferensi pers di kantornya, Jalan Buntu Lepong, Kecamatan Rantepao, Rabu (8/5/2024) malam.

Siaran pers disampaikan sekaitan tentang tahapan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara tahun 2024.

Sekaitan tahapan Pilkada 2024 yang sementara berjalan, KPU Toraja Utara menyampaikan tahapan, program dan jadwal yang sedang berlansung, salah satunya yaitu pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara tahun 2024 melalui jalur perseorangan atau independen.

Ketua KPU Toraja Utara, Jan Hery Pakan menjelaskan pencalonan perseorangan diatur dalam PKPU Nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

“Tahapan berjalan saat ini diantaranya persiapan penerimaan syarat dari bakal Pasangan Calon (Paslon) Perseorangan atau sebaran dukungan dan pembentukan badan AdHoc yakni PPK dan PPS yang sedang berlangsung seleksinya,” kata Jan.

Lanjutnya, bagi PPK yang lolos tes CAT akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 11 sampai 13 Mei 2024. Sementara pendaftaran PPS dilaksanakan sejak tanggal 2 Mei 2024 yang berakhir 8 Mei 2024 pukul 23.59 Wita.

“Untuk PPS belum ditotalkan berapa pendaftaran di akun Siakba dan yang mengembalikan berkas, namun jika ada kelurahan dan lembang (desa) yang jumlah pendaftar belum memenuhi kuota maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran pada wilayah tersebut selama tiga hari,” tambah Harsal Lahiya selaku Anggota KPU Divisi SDM dan Parmas.

Harsal menambahkan, sekaitan Pilkada 2024 pihak KPU akan meningkatkan sosialisasi pendidikan pemilih bagi masyarakat Toraja Utara yang bertujuan mendorong pemilih terlibat pada setiap tahapan pemilihan yang akan menyasar kelompok terutama sekolah-sekolah.

Sementara Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Semuel Rianto Tappi menjelaskan bahwa syarat minimal persebaran dukungan Bakal Paslon Perseorangan pada Pilkada Toraja Utara 2024 sebanyak 17.672 dukungan yang tersebar di 11 kecamatan.

“Jumlah itu diambil 10 persen dari jumlah DPT Toraja Utara pada Pemilu terakhir sebanyak 176.718 pemilih, dan kami bulatkan keatas sehingga syarat 17.672 dukungan dalam bentuk KTP Elektronik yang harus berada di 11 kecamatan dari 21 kecamatan yang ada di Toraja Utara,” terangnya.

Lanjut Tegas sapaan akrab Semuel Rianto Tappi mengatakan, bagi calon perseorangan akan menyerahkan bukti dukungan dan KPU melakukan verifikasi administrasi yang dilanjutkan verifikasi faktual.

“Sudah dibentuk Tim Helpdesk Pencalonan KPU Toraja Utara dan penyerahan dokumen syarat minimal dan sebaran dukungan dibuka mulai tanggal 8 sampai 12 Mei 2024 yang akan dilakukan melalui aplikasi SILON dan tanggal 13 Mei mulai dilakukan verifikasi,” tambahnya.

“Sampai hari ini belum ada Bakal Paslon datang konsultasi terkait pencalonan dan pihak LO belum ada yang masukkan berkas, kami akan terus menunggu sampai batas ditentukan,” tutup Tegas.

Diketahui, KPU Toraja Utara akan membuka pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara pada Pilkada 2024 pada tanggal 27 sampai 29 Agustus 2024.

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Idul Adha 1445 H, Pemkab Toraja Utara Serahkan Hewan Kurban di Empat Masjid

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA   Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menyerahkan empat ekor hewan kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha...

Berita Lain