fbpx
24 C
Makassar
Kamis, 28 Oktober 2021

Anggota DPR RI Eva Stevany Rataba Apresiasi THF, Harap UMKM Bangkit dan Bersaing

Populer

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Anggota DPR RI Komisi X dari Dapil III Sulawesi Selatan, Eva Stevany Rataba berkunjung ke acara event Toraja Highland Festival (THF) 2021 di Lapangan Bakti Rantepao, Kamis (7/10) malam.

Baru tiba di Toraja setelah kunjungan kerja ke luar daerah, Eva Stevany Rataba melihat langsung rangkaian acara dan pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Toraja di THF yang digagas oleh Masyarakat Sadar Wisata (Masata) dan Geopark Toraja.

Didukung oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, Bank Sulselbar, Pemprov Sulsel, Pemkab Toraja Utara dan sponsor lainnya yang telah dibuka secara open ceremony di Hotel Misiliana, Senin (4/10) lalu.

- ADS -

Dibuka Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia, Tirta Segara dan dihadiri sejumlah kepala daerah di Sulsel dan Sulbar yang dirangkaikan kegiatan Bulan Inklusi Keuangan tahun 2021 oleh OJK RI.

Diketahui kegiatan Toraja Highland Festival berlangsung tujuh hari mulai tanggal 4 sampai 10 Oktober 2021.

Legislator Fraksi Nasdem DPR RI membidangi Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Perpustakaan Nasional, Pemuda dan Olahraga itu didampingi Ketua Masata Toraja Utara, Damayanti Batti dan Sekertaris Diskominfo SP Toraja Utara, Anugrah Y. Rundupadang.

Setelah mengunjungi semua stand UMKM yang ada di event THF, Eva Stevany Rataba memberi apresiasi kepada penyelenggara yang sudah memberikan ide dan gagasan dalam menghadirkan event terkait pariwisata.

“Saya senang sekali UMKM Toraja disini dikumpulkan, seperti kita tahu selama pandemi ini semua sektor mengalami dampak, khususnya ekonomi dan paling dirasakan signifikan itu para UMKM,” ungkap Eva.

Menurutnya, kegiatan THF membangkitkan kembali geliat UMKM Toraja dan butuh kerjasama baik serta sinergitas luar biasa, baik pariwisata, swasta dan pemerintah daerah hingga pusat.

Eva berharap kedepan UMKM di Toraja semakin bangkit dan terus berkarya walaupun ditengah pandemi Covid-19, yang tentu dukungan dan bantuan dari pemerintah diperlukan.

“Kita bersyukur kehadiran Ibu Damayanti sebagai Ketua Masata memberi support kegiatan ini dan mendukung para UMKM, saya harap pemerintah terus memberi dukungan kepada mereka,” harapnya.

Kata Eva Stevany Rataba sekaligus Istri dari mantan Wabup Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang itu setelah berkunjung ke puluhan stand, mengaku sangat bangga dan senang melihat kearifan lokal Toraja yang diperjual belikan di pameran UMKM.

Lanjut Eva, produk ditampilkan tidak adapun dari luar daerah dan mengajak masyarakat untuk mendukung UMKM kedepan serta semakin bangkit agar dapat bersaing dengan UMKM lain di Sulawesi Selatan, Indonesia pada umumnya.

“Seluruh masyarakat yang ada di Tana Toraja dan Toraja Utara hadiri disini menyaksikan Toraja Highland Festival dan mari kita mendukung UMKM, kalau bukan kita siapa lagi, mari bergandengan tangan bersama-sama membangkitkan kembali pariwisata Toraja,” tutupnya.

Sementara Damayanti Batti menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ibu Dewan Eva Stevany Rataba yang sempatkan diri hadir dimana kesibukannya begitu padat.

“Saya bersama Ibu Eva sering berdiskusi tentang pariwisata, sejak kita jumpa pasti diskusi dan tahun-tahun kedepan banyak festival yang akan kita lakukan lagi,” ujarnya.

Damayanti sebagai inisiator THF 2021 berharap di event tahun selanjutnya dapat terus didukung untuk membangkitkan pariwisata dan UMKM di Toraja. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Tingkatkan Militansi, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Pendidikan Kader

ZONAKATACOM - TANA TORAJA Sejumlah partai politik mulai memanaskan mesin partainya menatap pemilu 2024 . Salah satunya adalah PDI...

Berita Lain

- Advertisement -