fbpx
25 C
Makassar
Minggu, 27 November 2022

29 Caleg Petahana Kembali Maju, 3 dipastikan Tersingkir

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM, TANA TORAJA – Dari 30 anggota yang duduk di DPRD Tana Toraja saat ini, hanya satu yang tidak kembali mencalonkan diri menjadi calon anggota DPRD yakni dr.Elis Batti dari Partai Golkar, selebihnya akan kembali bertarung. Banyak masyarakat yang bertanya berapakah petahana yang akan kembali duduk sebagai anggota DPRD terpilih`pada pileg 2019 nanti.

Saat ini ada 8 partai yang memiliki kursi di DPRD Tana Toraja, masing – masing Partai Golkar (7 kursi), Gerindra (4 kursi), Hanura (4 kursi), Nasdem (4 kursi), PDI Perjuangan (3 kursi), Demokrat (3 kursi), PKPI (3 kursi) dan PKS (2 kursi). Pada pemilu 2014 lalu hanya empat partai yang tidak memiliki kursi di DPRD yakni PAN, PKB, PPP dan PBB. Kini mendapat tambahan tantangan dari partai baru seperti Perindo, Berkarya dan Garuda.

Pada pemilu 2019 nanti, terdapat 16 Partai Politik (Parpol) yang akan bertarung namun di kabupaten Tana Toraja hanya 11 partai yang memiliki caleg yakni Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Nasdem, Partai Garuda, Berkarya, PKS, Perindo, PAN, Hanura, Demokrat dan PKPI. Sementara PPP, PKB, PBB dan PSI tidak memiliki caleg.

Terdapat 29 caleg incumbent yang tersebar di 6 enam daerah pemilihan memiliki tantangan tersendiri untuk kembali duduk sebagai anggota legislatif. Dari dapil 1 yang menyediakan 6 kursi diperebutkan oleh 54 caleg dari 9 partai yang terdaftar di DCT.

Banyaknya caleg yang ikut berkompetisi membuat para incumbent semakin sulit untuk kembali duduk di DPRD. Sebut saja Lantjang Bombing (Hanura), Yariana Somalinggi (Golkar), Andarias Tadan (Hanura) dan Kristian HP Lambe (Demokrat) butuh pergerakan yang masif untuk kembali duduk di DPRD. Pasalnya sejumlah caleg potensial bisa saja merebut kursi mereka jika lengah dalam mempertahankan pemilihnya.

29 Caleg Petahana Kembali Maju, 3 dipastikan Tersingkir
29 Anggota legislatif DPRD Kabupaten Tana Toraja yang akan kembali betarung di Pileg 2019
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Wabup Zadrak Tombeg Lepas Peserta Fun Run Toraja & Beyond Tourism Festival

Fun Run 2022 Toraja & Beyond Tourism Festival di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan diikuti ratusan peserta di seputaran Plaza Kolam Makale, Sabtu (26/11).

Berita Lain

- Advertisement -