fbpx
26 C
Makassar
Kamis, 2 Desember 2021

Tongkonan di Toraja Akan Disulap Menjadi Homestay

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA, Toraja Tourism Board bekerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Masyarakat Sadar Wisata (Masata) akan menyulap rumah adat Toraja, sering disebut Tongkonan menjadi Homestay.

Dikhususkan bagi Tongkonan yang berada destinasi wisata. Rencana tersebut dibahas pada Bimbingan Teknis Tongkonan di objek wisata Sa’Pak Bayo-Bayo, Kecamatan Sangalla Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Sabtu (23/10) lalu.

Diketahui bahwa Tongkonan merupakan rumah adat bagi masyarakat Toraja yang meliputi tempat tinggal, kekuasaan adat, dan perkembangan kehidupan sosial budaya orang Toraja.

Melihat Arsitektur Tongkonan dikenal dengan bentuk yang khas melalui struktur bawah, tengah dan atas, serta memiliki ukiran yang mengandung makna yaitu melambangkan status sosial pemilik Tongkonan menempati lapisan atas.

Kebanyakan pula Tongkonan saat ini tidak dijadikan sebagai tenpat tinggal dikarenakan setiap keluarga yang mendiami Tongkonan pada umumnya membangun rumah tinggal sendiri.

“Adanya kegiatan ini menurut saya baik sekali karena situasi pandemi dimana kurangnya pengunjung untuk dilakukan beberapa pembenahan,” ujar pengelola objek wisata Sa’Pak Bayo-Bayo, Michael Andin, Sabtu (30/10).

- ADS -

Menurut Michael, Bimtek Tongkonan sangat berpengaruh kepada pemilik Homestay Tongkonan dan dengan adanya pelatihan dapat memberi masukkan bagi para pemilik Homestay untuk lebih mengembangkan CHSE, kebersihan dan kenyamanan di Homestay mereka yang dapat dipergunakan saat ramai kunjungan wisatawan.

Bimbingan Teknis Tongkonan dilaksanakan sebagai upaya pelestarian Tongkonan, sekaligus pemanfaatan Tongkonan masyarakat sebagai pendukung penginapan (Homestay) di Toraja, baik kabupaten Tana Toraja maupun Toraja Utara agar mendukung aktivitas ekonomi masyarakat di sekitar tempat wisata.

Bertujuan pula untuk melatih peserta dengan Membangun Tim Kerja Efektif, Teknik Komunikasi dalam Konteks Pelayanan Prima dan pengelolaan kebersihan.

“Banyak sekali tongkonan di Toraja yang kosong dapat kita manfaatkan dan dengan menyediakan Homestay Tongkonan kita dapat menarik perhatian para wisatawan untuk dapat menawarkan penginapan di Tongkonan yang mereka miliki,” ujar Ketua Toraja Tourism Board, Panca R Sarungu.

Narasumber dihadirkan pula dari Wakil ketua BPC PHRI Toraja Utara, Yohanes Limbong Allolayuk dan dari Himpunan Pramuwisata Indonesia Toraja, John Massolo.

Kegiatan Bimtek Tongkonan merupakan bagian Pesta Kesenian Toraja yang diselenggarakan tanggal 20-23 Oktober 2021, rangkaian acaranya seperti Kunjungan Duta Besar Negara Sahabat ke Toraja, Toraja Youth Leadership Camp Batch 2 dan Toraja Coffee Farmer Seminar:

Puncak Acara Pesta Kesenian Toraja akan terselenggara pada akhir bulan November mendatang renacananya akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno yang dirangkaian acara Road to ToraJAZZ, Sentra Vaksinasi Pekerja Parekraf Toraja dan Pagelaran Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

DLH Sidak 10 Tambang Galian C Ilegal yang diduga Punya Sokongan Aparat

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Toraja Utara akhirnya tunjukkan taringnya dengan melakukan penegakan kepada 10...

Berita Lain

- Advertisement -