fbpx

THICF 2nd Dimulai, Paduan Suara dari 6 Provinsi Berkompetisi

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Kurang lebih 800 penyanyi akan berlomba pada kompetisi paduan suara bertajuk 2nd Toraja Highland International Choir Festival (THICF) 2023.

800 peserta ini berasal dari 6 Provinsi, yakni Papua, Maluku, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, serta Sulawesi Selatan.

2nd THICF digelar selama tiga hari, 5-7 September di gedung Tammuan Mali’ Makale, Tana Toraja.

Puji syukur THICF kedua ini diikuti sebanyak kurang lebih 800 penyanyi,” ujar Presiden Director THICF Aris Michael saat sambutan pada open ceremony THICF, Selasa (5/9/2023) sore.

Dijelaskan, event THICF yang didukung penuh Wakil Ketua Komisi D DPRD Sulsel John Rende Mangontan ini digelar bertujuan untuk mendorong sektor pariwisata Toraja.

Menurutnya, banyak orang yang niat berkunjung ke Toraja tapi tak punya tujuan

“Nah, THICF ini digelar untuk meningkatkan kunjungan ke Toraja. Mengajak orang datang untuk berkompetisi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Aris juga menyampaikan terima kasih kepada John Rende Mangontan yang nyata memberi dukungan, sehingga THICF 2023 bisa terlaksana.

“Terima kasih bapak John Rende Mangontan beserta ibu Tikurara Bumbungan yang tak lelah memberikan support kepada kami baik pemikiran, waktu pun materi. Begitu pula jemaat gereja Toraja yang bersedia berkolaborasi. Selamat bertanding kepada seluruh peserta,” kata Aris mengakhiri sambutannya.

Opening ceremony THICF dihadiri Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, pejabat Polres Tana Toraja, Kodim 1414 Tana Toraja, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Tana Toraja Erick Crystal Ranteallo, serta sejumlah tokoh Toraja.

Welem yang didaulat membuka event paduan suara bergengsi ini mengapresiasi digelarnya THICF.

Politisi Golkar itu berharap gelaran berikutnya THICF dapat mendatangkan lebih banyak peserta lagi. Agar bisa meningkatkan pariwisata Toraja.

Peserta ini datang karena ada kegiatan dan panitia, untuk itu saya berpesan sebagai tuan rumah mari kita memberikan layanan terbaik untuk para peserta,” ujar Welem yang akan maju bertarung menuju Senayan 2024 mendatang.

THICF 2023 melombakan enam kategori, yakni, Children Choir, Mixed Choir, Musica Sacra, Traditional Spritual, Vocal Group, dan Folklore.

Juara masing-masing kategori ini nantinya akan bertanding di babak grand prix yang berhadiah Rp 50 juta.

Kompetisi paduan suara THICF menggunakan sistim standar internasional. Tak heran, dewan juri yang dihadirkan pun berkelas dengan rekam jejak prestisius.

Dari lima dewan juri, dua diantaranya berasal negara Belgia dan Jepang, sementara tiga lainnya dari Bandung, Malang dan Medan.

Adapun kompetisi baru akan dimulai pada Rabu (6/9/2023).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Serius Hadapi Pilkada Tana Toraja, Zadrak Tombeg Daftar di Gelora

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Setelah mendaftar di Partai Demokrat, PDI Perjuangan dan Partai Nasdem, Zadrak Tombeg juga mendaftar di...

Berita Lain