fbpx
27 C
Makassar
Selasa, 18 Januari 2022

Tak Kunjung Diperbaiki, Diaspora Sang Bokinan-Pitung Penanian Galang Dana Untuk Perbaiki Jalan Longsor

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Jalan Poros di Dusun Turunan, Kelurahan Bokin, Kecamatan Rantebua, yang amblas akibat longsor sekitar enam bulan yang lalu belum juga di tangani oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toraja Utara.

Padahal jalan tersebut merupakan akses utama warga menuju kelurahan Buangin dan juga merupakan jalan alternatif menuju Kantor Camat Rantebua.

Melihat jalan poros tersebut terancam tidak bisa dilalui oleh kendaraan, Diaspora Sang-Bokinan Pitung Penanian mengambil sikap untuk segera melakukan donasi penanganan jalan tersebut, berupa pemasangan bronjong.

Hal ini diungkapkan oleh ketua Pa’misaran Bokin – Pitung Penanian, Johanis Lempang, melalui grup WA Pa’misaran Bokin – Pitung Penanian.

Johanis menghimbau seluruh Diaspora Sang Bokinan untuk ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana tersebut mengingat proposal yang diajukan ke BPBD Toraja Utara hingga saat ini belum ada respon.

“Saudara-saudaraku Sang Bokinan – Pitung Penanian dimanapun berada. Keputusan Tim Inti beberapa bulan yang lalu bahwa pekerjaan selanjutnya yang akan dikerjakan Pa’misaran adalah pemasangan bronjong pada jalan longsor di To’ Tallang. Hal ini terlambat dieksekusi karena menunggu jawaban surat yang kita ajukan ke BPBD Toraja Utara namun sampai hari ini tidak ada jawaban maka kami Tim Inti mengambil sikap bahwa jalan yang longsor tersebut harus segera dieksekusi sebelum musim hujan karena apabila musim hujan tiba maka resikonya akan makin besar dan biaya perbaikan juga akan semakin besar,” tulis Johanis Lempang di grup WA Sang Bokinan – Pitung Penanian.

- ADS -

Adapun rincian kebutuhan material yang dibutuhkan menurut Tim Teknis dilapangan yakni, Bronjong = 2 x 1 x 0,5 = 52 buah x Rp 350.000 = 18.200.000,-. Batu gunung = 1,2 x 53 = 62,4 m3 x Rp 200.000,- = Rp 12.480.000,-. Total Rp 30.680.000,-.

Bagi siapapun yang ingin berdonasi, tim inti telah menyiapkan rekening khusus di Bank Mandiri, nomor rekening 1520012535395 atas nama Turunan Bokin.

Kegiatan ini murni swadaya oleh Diaspora dan Masyarakat Sang Bokinan – Pitung Penanian.

ajhie tangkesalu

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Jelajah Goa Kurungan Deata Toraja, Sungguh Memacu Adrenalin

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Komunitas penggiat susur goa, Rock Climbing Toraja Club (RCTC), kembali menaklukkan goa vertikal Toraja, Goa...

Berita Lain

- Advertisement -