fbpx
25 C
Makassar
Sabtu, 2 Juli 2022

Siapa Pengganti Alm. Yan Anggung Kala’lembang di DPRD Tana Toraja?

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Sejauh ini Partai Persatuan Indonesia (Perindo) belum memproses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPRD Tana Toraja, Yan Anggung Kala’lembang yang meninggal karena sakit pada Selasa 27 Juli 2021 lalu.

Diketahui pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, Yan Anggung Kala’lembang menjadi anggota DPRD Tana Toraja periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan (Dapil) Tana Toraja 1 yang meliputi Kecamatan Makale dan Makale Utara. Dia memperoleh 2.542 suara.

Berdasarkan aturan Pergantian Antar Waktu (PAW) yang diatur dalam PKPU No.6 Tahun 2017 disebutkan pergantian hanya dapat dilakukan jika anggota DPRD itu meninggal dunia, mengundurkan diri atau diberhentikan.

Sementara itu anggota DPRD yang berhenti antar waktu digantikan oleh calon pengganti antar waktu yang memperoleh suara sah terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari Partai Politik yang sama pada Dapil yang sama.

Namun dalam PKPU No.6 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas PKPU No.6 Tahun 2017 Tentang PAW Anggota DPR, DPD dan DPRD juga diatur, calon PAW anggota DPRD dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai Calon Pengganti Antarwaktu apabila yang bersangkutan telah mengundurkan diri dengan sah, diberhentikan sebagai anggota Partai Politik atau telah menjadi anggota Partai Politik lain.

- ADS -

Melihat hasil Pemilu Legislatif 2019 lalu, urutan kedua perolehan suara terbanyak dari Partai Perindo di Dapil 1 Tana Toraja yakni Yulius Paturu’ dengan 1.518 suara disusul Hansten Allorerung 733 suara dan Markus Thoban dengan 214 suara.

Sekedar diketahui, proses PAW diawali dari pengajuan partai, kemudian Ketua DPRD mengajukan ke KPU untuk diverifikasi. KPU lalu mengeluarkan pengganti sesuai perundang-undangan. Setelah KPU mengeluarkan pengganti, DPRD segera memproses persyaratan untuk diajukan ke Gubernur melalui Bupati.

Catatan Redaksi

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Aksi Stop Stunting Door to Door, Edukasi Orang Tua Balita Cek Tumbuh Kembang Anak

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Tumbuh kembang anak menjadi fokus intervensi bagi tim pendamping gizi Aksi Stop Stunting Pemprov Sulsel. khususnya...

Berita Lain

- Advertisement -