fbpx

Sekretariat PPK se-Kabupaten Toraja Utara Ikuti Bimtek Kode Etik

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara mengelar Bimbingan Teknis Kode Etik di Aula Hotel Misliana, Kecamatan Kesu, Selasa (9/7/2024).

Bimtek diberikan kepada jajaran Sekretaris dan Staf Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Toraja Utara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel serta Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara tahun 2024.

Dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Toraja Utara, Harsal Lahiya dan menyampaikan harapannya agar staf sekretariat pada Pilkada 2024 selalu kompak dalam bekerjasama dengan badan Adhoc yakni PPK di 21 Kecamatan.

“Ingat tugas, fungsi dan tanggungjawab karena sesuai tagline ‘Pilkada Untuk Kita’ adalah kita melayani dan serius membantu PPK di setiap kecamatan,” ungkapnya.

Kegiatan dipandu oleh Anggota KPU Toraja Utara Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Semuel Rianto Tappi sebagai moderator.

Narasumber pada kegiatan yakni Sekertaris Daerah (Sekda) Toraja Utara, Salvius Pasang dan Kepala Seksi (Kasi) Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Andi Hasanuddin.

Salvius Pasang menyampaikan Pilkada Toraja Utara adalah tugas kita semua sebagai masyarakat, bagian teknis pelaksanaan oleh KPU, namun pemilihan adalah tugas dan pesta bersama oleh rakyat.

Ia berharap jajaran staf Sekretariat PPK yang di SK kan pemerintah daerah agar mendahulukan kerja dengan riang gembira dan tidak menjadikan sebuah beban sehingga semakin susah bekerja.

“Layani masyarakat dengan mendampingi petugas PPK di lapangan, dipahami dan tugas negara di dahulukan,” ujarnya.

Salvius juga berpesan agar menjaga nama baik pemerintahan dalam pelaksanaan tugas-tugas selama Pilkada berlangsung, menjaga kode etik dan netralitas hingga tegak lurus terhadap aturan yang ada.

“Jangan saling melapor dan kerja baik sesuai ketentuan, nilai kearifan lokal dijadikan sebagai referensi dan mengedepankan norma,” pungkasnya.

Sementara Andi Hasanuddin mengingatkan bahwa pihak Aparatur Sipil Negara (ASN) baik itu PNS, PPPK, TKD/Honorer di Pemda agar harus berhati-hati dalam memberikan respon tentang Pilkada saat menggunakan Sosial Media (Sosmed).

“Jaga netralitas, jaga ketikan di Media Sosial dan tidak mendukung Paslon tapi mendukung tugas-tugas PPK dalam melaksanakan fungsinya,” tuturnya.

Andi juga menyampaikan agar setiap Partai Politik, Paslon dilayani sama dan menunjukkan profesionalitas menjalankan tugas, karena mengenai kode etik yaitu bagaimana bekerja secara profesional dan tidak pilih kasih.

Hadir pula Anggota KPU Toraja Utara Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Furqan Mansur Batkam menjelaskan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang tengah berjalan dan memaparkan presentase perolehan hasil Coklit pada aplikasi E-Coklit yang dioperasikan petugas Pantarlih di lapangan selama bertugas.

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kepala Dinas Pendidikan Parepare Pastikan Pembayaran Insentif Guru Nonsertifikasi Segera Direalisasikan

ZONAKATA, PAREPARE - Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, H. Makmur, memberikan klarifikasi terkait pemberitaan tentang keterlambatan pembayaran insentif bagi...

Berita Lain