fbpx
27 C
Makassar
Selasa, 18 Januari 2022

Sebut Dakwaan JPU Tidak Cermat, Karman Loda Ajukan Eksepsi

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM- MAKASSAR Kepala Lembang Bau Kecamatan Bonggakaradeng, Tana Toraja, Karman Loda, yang merupakan terdakwa dalam Proyek Pembangunan PLTMH Bulung Tahun Angaran 2017/2018, mengajukan eksepsi atau keberatan di Pengadilan Tipikor Makassar atas surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Salah satu poin eksepsi yang disampaikan adalah surat dakwaan JPU yang dianggap tidak cermat dikarenakan JPU memakai katadapatdalam pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 UU Tipikor yang nyata – nyata telah dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut pengacara Karman Loda, Frans Lading SH MH dalam keterangan tertulisnya secara tegas menyebutkan bahwa JPU tidak cermat dengan masih mencantumkan kata “dapat” dalam surat dakwaan yang tidak memiliki kekuatan hukum mengikat oleh MK melalui Putusan MK Nomor: 25/PUU-XIV/2016, Tanggal 25 Januari 2017.

“Dilihat dari aspek penerapan pasal, JPU telah menerapkan suatu ketentuan hukum yang sudah tidak berlaku dan hal tersebut jelas menunjukkan JPU tidak teliti dalam menerapkan pasal pidana sebagaimana diwajibkan oleh surat edaran Jaksa Agung dan Yurisprudensi Mahkamah Agung,” terang Frans.

Untuk itu menurut Frans, surat dakwaan itu jelas terbukti disusun tidak secara cermat sebagaimana diatur dalam ketentuan pasal 143 ayat (2) huruf (b) KUHAP. Dan berdasarkan ketentuan pasal itu, menyebutkan surat dakwaan yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) huruf b batal demi hukum.

“Untuk itu demi kepastian hukum surat dakwaan JPU haruslah dinyatakan cacat hukum dan batal demi hukum,” kata Frans

Disebutkan juga surat dakwaan JPU tidak jelas (Obscuur Libel), dikarenakan JPU dalam surat dakwaannya mencantumkan dua jumlah kerugian negara untuk satu proyek yang didakwakan.

- ADS -

Ditegaskan jika surat dakwaan JPU itu tidak lengkap dikarenakan JPU tidak mencantumkan hasil audit kerugian negara yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang. **

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Jelajah Goa Kurungan Deata Toraja, Sungguh Memacu Adrenalin

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Komunitas penggiat susur goa, Rock Climbing Toraja Club (RCTC), kembali menaklukkan goa vertikal Toraja, Goa...

Berita Lain

- Advertisement -