fbpx

Puluhan Tahun Mengabdi Sebagai Tenaga Pengajar di Pelosok, Berbalina Barrang Diganjar Penghargaan dari Ibu Negara

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Berbalina Barrang mendapat piagam penghargaan dari Ibu Negara, Iriana Jokowi di momen peringatan Hari Kartini atas jasanya di bidang pendidikan.

Piagam penghargaan diserahkan melalui Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman di Makassar pada Kamis 25 Mei 2023.

Berbalina adalah guru di wilayah pelosok Tana Toraja, tepatnya di SD Kristen Buangin, Kecamatan Simbuang. Pengabdian Berbalina ini dipuji Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung.

Ia menuturkan Berbalina adalah orang yang berjasa di bidang pendidikan, menjadi tenaga pendidik di Simbuang selama puluhan tahun tanpa pamrih, namun tetap tekun.

“Meski hanya lulusan Pendidikan Guru Agama (PGA) yang sederajat SMA, namun ia tak hanya mengajar pendidikan agama, tapi juga beberapa mata pelajaran lain,” sambungnya.

Sementara, terkait perbaikan nasib Berbalina menurut Theo sulit dilakukan. Misalnya diangkat menjadi P3K.

Pertama, pendidikan Berbalina tidak memenuhi kualifikasi guru, karena hanya tamatan Pendidikan Guru Agama (PGA) yang setingkat SMA.

Kemudian syarat lain untuk diangkat P3K adalah mengabdi di sekolah negeri, sedangkan sekolah tempat Berbalina mengajar merupakan sekolah swasta binaan Yayasan Perguruan Kristen Toraja (YPKT).

“Sehingga kita berharap YPKT tetap konsisten mempekerjakan ibu Berbalina ini,” ungkapnya.

Diketahui, selama 23 tahun Barbalina menghabiskan tenaga, waktu dan pikirannya mengajar di SD Kristen Buangin Simbuang. Ia bahkan rela tinggal terpisah dengan suami serta kedua anaknya yang menetap di Kecamatan Mappak.

Meski begitu, Barbalina tak pernah patah semangat demi mencerdaskan anak bangsa.

“Saya memang senang mengajar, ikhlas dan tulus, meski upah tidak menentu dan tidak setimpal dengan yang kita lakukan, tapi saya akan tetap setia,” ungkap Berbalina.

Sementara, Kabid Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Tana Toraja, Alexander Patandean berharap, pengabdian Berbalina ini dapat menginspirasi seluruh guru yang ada di Tana Toraja.

Terlebih kata dia, bagi guru yang sudah sertifikasi (ASN).

“Semoga pengabdian ibu Berbalina ini dapat menginspirasi guru-guru lain. Terutama mereka yang sudah sertifikasi, sudah PNS tapi malas-malas, mari liat diluar sana ternyata masih ada tenaga pendidik dengan kondisi seadanya namun tetap semangat demi kecerdasan anak bangsa. Selalu siap memajukan pendidikan”. Pungkasnya.

Tom/Ari/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Penuh Keakraban, Andi Sudirman dan Ketum PSI Kaesang Bahas Arah Sulsel Kedepan

ZONAKATA.COM - JAKARTA  Gubernur Sulsel periode 2021-2023, Andi Sudirman Sulaiman menemui Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep...

Berita Lain