fbpx
27 C
Makassar
Sabtu, 22 Januari 2022

Puan Maharani Jabat Ketua DPR, La Nyalla Ketua DPD RI

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM Pada Pemilu Legislatif 2019, tercatat 575 anggota DPR yang berhasil lolos dan telah dilantik pada 1 Oktober 2019.

Dari 575 anggota DPR itu, terdapat 118 perempuan yang mampu melenggang ke Senayan dan mengalami peningkatan dibanding Pemilu 2014 lalu yang hanya menempatkan 97 anggota DPR perempuan.

Peningkatan itu terasa lebih spesial karena ketua DPR yang kini dijabat Puan Maharani, menjadi sejarah sebagai perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR.

Dan sesuai Undang Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), lima kursi pimpinan DPR menjadi milik lima partai politik peraih suara terbanyak.

Untuk itu kursi ketua DPR jadi milik PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu 2019, sementara 4 kursi wakil ketua jadi milik Partai Golkar, Gerindra, PKB, dan Partai Nasdem.

- ADS -

Puan Maharani akan didampingi oleh empat Wakil Ketua DPR yakni Aziz Syamsuddin (Partai Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Rachmat Gobel (Partai Nasdem) dan Muhaimin Iskandar (PKB).

Sementara itu anggota DPD dari Jawa Timur La Nyalla Mattalitti terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah ( DPD) RI masa jabatan 2019-2024.

La Nyalla terpilih melalui mekanisme voting 134 anggota DPD yang hadir dalam rapat paripurna ketiga dengan agenda pemilihan Ketua DPD RI.

Nama La Nyalla keluar sebagai pemegang suara terbanyak dibanding tiga pesaingnya, yaitu Sultan Bachtiar, Mahyudin, dan Nono Sampono.

La Nyalla meraih suara 47, lalu Nono Sampono 40, Mahyudin 28 dan Sultan Bachtiar mendapat 18 suara. Mereka yang tidak terpilih sebagai ketua, otomatis menjabat sebagai Wakil Ketua DPD. (*)

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Kemenag Sulsel Juara 1 Turnamen Bulutangkis Korpri Cup I 2022

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi-Selatan, Andi Sudirman Sulaiman hadir meyaksikan pertandingan final Turnamen Bulutangkis KORPRI Cup...

Berita Lain

- Advertisement -