fbpx
26 C
Makassar
Rabu, 1 Desember 2021

Polemik Caretaker, Karang Taruna Toraja Utara Angkat Bicara

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Pengurus Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara dikomandoi Yosia Rinto Kadang (YRK) mengelar konferensi pers di Sekretariat, Art Centre Rantepao, Senin (1/11) sore.

Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi, Belo Tarran memimpin Konfres didampingi Majelis Pertimbangan, Suleman Tanda, Ketua KT Kecamatan Sopai, Harun Rante Lembang dan juga dihari pengurus kabupaten hingga kecamatan.

Belo Tarran mewakili organisasi menyatakan secara resmi bahwa hingga saat ini seluruh kader Karang Taruna masih solid dan masih mengakui Bapak Yosia Rinto Kadang sebagai Ketua dan Andarias Sulle sebagai Sekretaris.

Dijelaskan Belo jika masa kepemimpinan Karang Taruna Toraja Utara berakhir bulan Mei 2021 namun, diberi kesempatan oleh pengurus pusat dan provinsi selama enam bulan untuk menyiapkan pelaksanaan Temu Karya Karang Taruna (TKKT).

“Kami diberi perpanjangan jabatan selama enam bulan, seharusnya masa jabatan kami berakhir Desember 2021, sejak diberi tugas mengelar TKKT direncanakan bulan Juni tapi pandemi Covid-19 dan PPKM berlanjut sehingga tertunda berkali-kali,” ujar Belo kepada awak media.

- ADS -

Sehingga melalui rapat bersama pengurus Karang Taruna Toraja Utara, baru akan melaksanakan tanggal 15 November 2021 mendatang, dihadiri langsung Ketua Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Ina Kartika Sari.

“Saat ini kepengurusan dipimpin YRK tengah menyiapkan TKKT kedua untuk mencari ketua baru yang akan melanjutkan organisasi sosial ini,” tambah Belo.

Menanggapi munculnya Caretaker Ketua Karang Taruna Toraja Utara, Marselius Gusti Palumpun yang tengah menyiapkan kepengurusan setelah melakukan konsolidasi di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara pada Kamis (28/10) lalu, Belo Tarran mewakili pengurus mengatakan pihak Gusti Palumpun harus menghargai proses dan jika ingin menjadi ketua harus mengikuti TKKT.

“Siapapun ketua pasti akan kita dukung tapi itu melalui temu karya, tidak dengan tiba-tiba menghakimi pengurus resmi, itu bukan contoh baik dan tida dipertontonkan kepada generasi kedepan,” ungkap Belo.

Pengurus Karang Taruna Toraja dibawah kepemimpinan YRK juga mengatakan bahwa mengakui kepengurusan Andi Ina Kartika Sari, yang diakui Gubernur Sulawesi Selatan.

Lanjut Belo mengenai caretaker mengingatkan bahwa, yang memutuskan adalah Karang Taruna Sulsel dan itu dilakukan apabila kepengurusan vakum dua tahun atau dilakukan jika selesai masa kepengurusan lama.

“Belum ada caretaker karena belum temu karya, kami tidak tahu dari mana munculnya, karena Bupati hanya membuat SK melalui temu karya nanti dan saya tegaskan kepengurusan kami tidak mengakui adanya caretaker atau pengurus baru,” tambahnya.

Perwakilan kecamatan yang turut hadir menyatakan sikap dan mengakui kepengurusan Karang Taruna Toraja Utara masih dipimpin mantan Wakil Bupati, yakni Yosia Rinto Kadang.

Pengurus mengakui selama dua tahun tidak ada kegiatan diakibatkan pendemi wabah Covid-19.

Namun muncul informasi yang digiring ke opini dan mengatakan bahwa Karang Taruna percuma juara kalau tidak ada kinerja, selain itu juga dikatakan dimasa kepengurusan YRK, Karang Taruna digiring ke politik saat Pilkada 2020 di Toraja Utara.

YRK melalui telepon seluler membantah informasi tersebut dan mengatakan kepada media bahwa tidak pernah mengajak pengurus Karang Taruna mengurus politik saat dirinya menjadi Calon Bupati pada Pilkada 2020.

“Saya nyatakan murni tidak pernah mengajak pengurus ikut berpolitik, dan kami punya program berjalan dengan baik, ada laporan pertanggungjawaban, kami pengurus berjalan dan tidak vakum,” kata Yosia.

YRK mengingatkan pengurus untuk menjaga marwah organisasi, sehingga dapat menjadi orang yang bertanggungjawab, jujur dan cerdas.

“Organisasi kita hargai, kita bangun dengan cara baik, saya titip kepada pengurus jalankan temu karya secepatnya dan siapapun putra-putri Toraja Utara terpilih nanti siap menjalankan amanah dan semoga kegiatan berjalan sukses, lahirkan pemimpin figur baik dengan cara baik,” tutup Yosia. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

DLH Sidak 10 Tambang Galian C Ilegal yang diduga Punya Sokongan Aparat

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Toraja Utara akhirnya tunjukkan taringnya dengan melakukan penegakan kepada 10...

Berita Lain

- Advertisement -