fbpx

PMI Toraja Utara Bermarkas di Eks Kantor Dinas PMPTSP

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Toraja Utara mengelar syukuran atas markas baru yang berada di eks kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) di Jalan Pongtiku, Kelurahan Karassik, Kecamatan Rantepao, Minggu (17/9/2023).

Sekertariat PMI tersebut bersebelahan dengan kantor BPBD Pemkab Tana Toraja.

Selain adanya markas baru, PMI sekaligus syukuran mobil operasional double cabin untuk dipergunakan sebagai misi kemanusiaan serta kesiapsiagaan bencana.

Hal itu dilakukan PMI juga dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun PMI ke 78 tahun secara nasional.

Doa syukur berlangsung dipimpin Ketua Crisis Center Gereja Toraja sekaligus Ketua V Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja, Pdt. Yusuf Paliling.

Ketua PMI Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong dalam sambutannya menyampaikan syukur kepada Tuhan dan berterima kasih atas apresiasi pimpinan daerah dengan kehadiran markas baru PMI.

“Kita juga bersyukur atas hibah kendaraan operasional dari PMI Sulsel sesuai kondisi medan jalan di Toraja Utara yang bervariasi hingga ekstrim,” ucapnya.

Lanjut Dedi mengatakan, PMI telah mengajukan proposal langsung kepada Ketua PMI Pusat, Jusuf Kalla terkait penyediaan sarana dan prasarana penunjang serta fasilitas pelatihan.

“Saya berharap kolaborasi dan keterlibatan dari komunitas-komunitas yang peduli kemanusiaan,” harapnya.

Wabup Toraja Utara itu berharap markas PMI dapat menjadi tempat berkoordinasi intens dari semua pihak dalam segala situasi, baik sedang situasi kebencanaan ataupun tidak.

Menurutnya, PMI dan pemangku kepentingan harus memiliki strategi agar meminimalisir bencana dan antisipatif terkait kondisi daerah Toraja Utara yang merupakan salah satu daerah rawan bencana.

“Saya berterima kasih kepada pihak yang memiliki kepedulian kepada kerja-kerja kemanusiaan, terkhusus Crisis Center Gereja Toraja yang terus mendampingi dan terlibat dalam kerja-kerja kemanusiaan, ketangguhan kita baru terukur atau teruji pada saat ada kejadian tetapi, maka sebelum terjadi kita selalu bersiap,” pungkas Dedi.

Turut hadir Sekda Toraja Utara, Salvius Pasang, perwakilan Polres Toraja Utara dan Kodim 1414 Tana Toraja, pengurus markas PMI Toraja Utara, Lurah Karassik dan Ketua Bawaslu, Brikken Linde Bonting.

Sebelum peresmian berlangsung, juga dirangkaikan aksi donor darah di Lapangan Bakti Rantepao bekerjasama paramedis UTD RSUD Lakipadada Tana Toraja pada Minggu (17/9/2023) pagi. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tak Ingin Jadi Penonton, Hanura Bakal Dorong Kader Terbaiknya di Pilkada Enrekang

ZONAKATA.COM - ENREKANG  Jelang perhelatan Pilkada serentak pada 27 November 2024, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang, tidak...

Berita Lain