fbpx

Pj Gubernur Sulsel Lantik Kabid SMA Bukan Berlatar Pendidikan Guru. Bagaimana Nasib Pendidikan di Sulsel?

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – MAKASSAR Pelantikan 166 Eselon III dan IV Pemprov Sulsel Jelang Pilgub 2024 Diduga sarat akan kepentingan bagi bagi jabatan di lingkarannya.

Diketahui, Sebanyak 166 orang eselon III dan IV di lingkup Pemprov Sulsel dilantik, Rabu (24/4).

Bahtiar ternyata banyak melantik orang-orang kepercayaannya untuk mengisi posisi jabatan strategis, bukan berdasarkan kompetensi dan kapasitas orang tersebut.

Dan lebih parahnya ada beberapa orang yang dipromosikan namun tidak memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Ada beberapa org yg melanggar ketentuan syarat promosi di PP 11/2017 tentang Manajemen PNS tapi malah dapat izin dari BKN dan Kemendagri.

“Salah satunya Kepala Bidang SMA Disdik yang tidak berlatar belakang seorang Guru. Bagaimana Nasib Pendidikan di Sulsel kedepan,” kata salah seorang sumber di Pemprov Sulsel.

Setelah di telusuri, Kabid SMA yang ditunjuk Bahtiar ialah Muhammad Nur Kusumajaya. Ia sebelumnya berdinas di Perkimtan Sulsel sebagai Analis Hukum Ahli Muda.

Dugaan mutasi tersebut sarat kepentingan politik juga ditenggarai dengan adanya isu yang menyebutkan bahwa Pj Gubernur tidak netral di Pipres 2024 kemarin. Tidak hanya itu, mutasi juga dianggap telah menabrak imbauan Bawaslu.

Sebelumnya, per tanggal 22 Maret 2024, Bawaslu Sulsel telah mengeluarkan surat imbauan yang ditujukan langsung kepada Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Surat yang ditandatangani Ketua Mardiana Rusli tersebut mengimbau agar Pj Gubernur tidak melakukan pergantian pejabat 6 bulan sebelum tanggal penetapan calon, kecuali mendapatkan persetujuan tertulis dari Menteri.

Bahtiar sendiri berdalih bahwa rotasi dan pengembalian jabatan ASN nonjob yang dilakukannya adalah sebuah penyegaran di organisasi. Penyegaran organisasi itu, kata dia, wajar termasuk pemerintahan.

“Penyegaran organisasi sesuai dengan tatanan yang ada, jadi itu setingkat eselon Ill dan IV, organisasi apapun sama kan. Jadi ini bagian dari cara meningkatkan performa organisasi,” tuturnya usai melakukan pelantikan.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Oktaviana Resmi Ketua PMKRI Gowa Periode 2024-2025 Melalui RUAC ke-III

ZONAKATA.COM - GOWA Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKI) cabang Gowa Sactus Robertus Bellarminus sukses menggelar Rapat Umum Anggota...

Berita Lain