fbpx
32 C
Makassar
Kamis, 29 September 2022

Sudah Setahun Pegawai Dinas Kebudayaan Tana Toraja Hirup Bau Pesing

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Plafon hingga pipa wc ruangan di Kantor Dinas Kebudayaan Tana Toraja bocor. Akibatnya pegawai seringkali mencium bau pesing dan menyengat saat bekerja, Senin (15/8/2022).

Dari pantauan zonakata.com, plafon kantor staf di Dinas Kebudayaan Tana Toraja itu bolong. Terlihat, beberapa pipa yang berhubungan langsung dengan toilet bocor. Akibatnya, rembesan air berbau pesing menetes ke ruangan staf.

Kondisi tersebut sudah berlangsung setahun lamanya. Sayangnya, hingga saat ini belum ada perhatian dinas terkait. Padahal kondisinya sangat memprihatinkan.

Sudah Setahun Pegawai Dinas Kebudayaan Tana Toraja Hirup Bau Pesing

“Sudah sekitar satu tahun pak kondisinya begini, jadi selama satu tahun kami cium bau pesing saat bekerja” kata salah satu pegawai di Dinas Kebudayaan Tana Toraja, Chandra, Senin siang.

Chandra juga menjeaskan bahwa plafonnya rapuh terkena air pipa wc yang bocor, jadi makin hari makin besar kerusakannya.

- ADS -

Untuk meminimalisir rembesan air toilet itu, pegawai Dinas Kebudayaan menaruh beberapa pot bunga tepat di bawah plafon yang bocor.

Sudah Setahun Pegawai Dinas Kebudayaan Tana Toraja Hirup Bau Pesing
Terlihat pot yang digunakan untuk menampung air rembesan pipa yang bocor.

“Ya namanya pipa pembuangan pak, biasa itu kita cium bau-bau tak sedap (bau kencing). Kalau ganggu aktivitas kerja itu sudah pasti,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan Tana Toraja Bonifasius Paundanan mengaku, kerusakan plafon-pipa bukan tanggung jawab pihaknya.

“Saya tak bisa berbuat banyak, karena itu tanggung jawab PRKP. Kita sudah lapor, bahkan singgung tapi sampai sekarang tidak diperbaiki,” ungkap Boni.

Boni juga membeberkan bahwa di gedung tersebut diisi tiga Dinas yakni, Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Ketenagakerjaan. Di setiap Dinas kata dia, kondisinya ada juga plafon yang bocor. Namun yang terparah berada di Dinas Kebudayaan.

“Kalau yang paling parah itu kami (Dinas Kebudayaan), ada beberapa plafon yang bocor,” bebernya.

Diketahui, kantor gabungan dinas ini berlokasi di jalan poros Makale-Rantepao, Kelurahan Pantan. Tepatnya di depan Pengadilan Negeri (PN) Makale. Dulunya gedung ini dikhususkan untuk Dinas Pariwisata.

Gedung megah ini dibangun secara bertahap mulai 2017 hingga 2019 yang mengabiskan anggaran mencapai Rp 7 miliar.(*)

LOISE/RMD/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Profil Johanis Tanak, Jaksa Asal Toraja yang Terpilih Jadi Pimpinan KPK

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Nama Dr. Johanis Tanak, S.H, M tengah menjadi perbincangan. Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi ini...

Berita Lain

- Advertisement -