fbpx

Petani Tana Toraja Ikuti Pelatihan Tematik Kopi

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku bekerja sama dengan BPP Gandasil melaksanakan pelatihan teknis tematik kopi bagi kelompok tani kopi di Tana Toraja.

Pelatihan itu diikuti 30 peserta utusan kelompok tani yang kegiatannya dipusatkan di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Gandang Batu Sillanan mulai tanggal 25 – 27 Maret 2019.

Koordinator Penyuluh Kecamatan Gandasil, Hariadi menjelaskan ke-30 peserta pelatihan teknis tematik kopi itu merupakan pengurus/utusan kelompok tani yang berasal dari 5 kecamatan.

Kelompok petani kopi yang diundang itu berasal dari daerah sentra kopi yang ada di Tana Toraja seperti kecamatan Kurra, Rembon, Gandang Batu Sillanan, Mengkendek dan kecamatan Mappak.

“Pelatihan masih dalam rangka untuk meningkatkan wawasan dan  pengetahuan bagi para petani mulai dari hal budidaya panen hingga penjualan atau marketing,” ujar Hariadi.

Dikatakan kegiatan ini bukan hanya sekedar pelatihan tetapi harus diimplementasikan sehingga kedepan tercipta petani yang benar-benar mandiri didaerah ini.

Petani Tana Toraja Ikuti Pelatihan Tematik Kopi
Peserta Pelatihan Tematik Kopi di BPP Gandasil

“Materi pelatihan adalah pengelolaan kopi jenis Arabika mulai dari budidaya panen dan pasca panen, roasting kopi serta packing kopi termasuk pemasaran berbasis online,’ jelasnya.

Pelatihan petani kali ini menghadirkan sejumlah pemateri seperti Kepala Dinas Pertanian, Penyuluh Pertanian dari Dinas Pertanian hingga pemateri dari Rumah Kreatif Telkom.

raka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Longsor di Pangra’ta Makale Selatan, 3 Meninggal, 1 Belum Ditemukan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Pangra’ta, Lembang (Desa) Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Tana...

Berita Lain