fbpx

Persyaratan Berat, Calon Perseorangan di Pilkada Tana Toraja Sepi Peminat

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Pencalonan kepala daerah melalui jalur independen atau perseorangan di Pilkada Tana Toraja 2024 diperkirakan bakal sepi peminat.

Ini lantaran persyaratan dukungan perseorangan yang cenderung memberatkan. Padahal, jalur calon perseorangan merupakan alternatif bagi kandidat bupati selain dukungan dari partai politik.

Merujuk pada PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, tahapan pilkada untuk jalur perseorangan sudah dimulai sejak Minggu 5 Mei 2024.

KPU menjadwalkan tahapan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan berlangsung pada 5 Mei hingga 19 Agustus 2024.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Tana Toraja, Rahmat Hidayat mengatakan bahwa sejauh ini belum ada calon perseorangan yang mendaftar atau memasukkan berkas dukungannya.

“Belum ada calon perseorangan yang mendaftar atau memasukkan syarat dukungannya,” kata Rahmat dalam konferensi pers yang di gelar KPU Tana Toraja, Kamis (9/5/2024).

Menurut Rahmat untuk pendaftaran perseorangan menggunakan metode sensus serta beberapa syarat mutlak yang harus dipenuhi. Yaitu memiliki dukungan KTP minimal 10 persen dari jumlah DPT terakhir.

“Jadi dukungan minimal 19.655 orang dengan dukungan tersebut tersebar disekurang-kurangnya 10 kecamatan (50 persen dari jumlah kecamatan yang ada),” jelas Rahmat.

Selain dukungan KTP, juga harus dilengkapi dengan surat pernyataan yang ditandatangani diatas surat materai. Hal ini membuat bakal calon bupati yang ingin maju melalui jalur perseorangan akan berpikir dua kali.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Oktaviana Resmi Ketua PMKRI Gowa Periode 2024-2025 Melalui RUAC ke-III

ZONAKATA.COM - GOWA Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKI) cabang Gowa Sactus Robertus Bellarminus sukses menggelar Rapat Umum Anggota...

Berita Lain