fbpx
32 C
Makassar
Rabu, 10 Agustus 2022

Soal Jembatan Kembar Malango Toraja Utara, Gubernur Sulsel: Jika Tidak Cepat, Anggaran Dialihkan

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Toraja Utara di Lapangan Bakti, Kecamatan Rantepao, Rabu (4/8).

Perayaan yang mengangkat tema ‘Bergerak Maju Menuju Toraja Utara yang Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing, dihadiri sejumlah rombongan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Hadir pula kepala daerah yakni Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dan Wakil Bupati dr. Zadrak Tombeg, Wakil Walikota Parepare, H. Pangerang Rahim, Asisten I Sekprov Sulsel, Tautoto Tana Ranggina, Direktur Utama Bank Sulselbar, Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba, Anggota DPRD Sulsel Fraksi Golkar, John Rende Mangontan dan Fraksi Demokrat, Jufri Sambara, jajaran Forkopimda dan Anggota DPRD Toraja Utara.

Dalam sambutannya, salah satu harapan Bupati Toraja Utara, Ombas sapaan Yohanis Bassang yaitu agar diberi bantuan pembangunan jembatan kembar Malango di Kecamatan Rantepao.

“Toraja Utara lagi sayang-sayangnya sama Bapak Gubernur, kami mohon anggaran untuk pembangunan jembatan Malango’ yang sekarang ini sudah pada tahap akhir penilaian dan perhitungan jumlah pembayaran tanah,” harapnya.

Ombas meminta agar Pemprov Sulsel dapat melanjutkan kembali tender untuk rencana pembangunan jembatan kembar Malango.

- ADS -

Menanggapi itu, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan, jika ingin segera pembangunan jembatan tersebut agar dinas terkait segera bergerak.

“Lebih cepat dilelang lebih baik, saya minta Dinas PU segera progres cepat agar bisa jalan, 2022 harus dibangun,” ucapnya.

Andi Sudirman sekaligus ingatkan kepada pemerintah daerah Toraja Utara jika tidak bisa diselesaikan lebih baik anggaran dibawah ke tempat lain seperti pengadaan pupuk di bidang pertanian.

“Kalau tidak bisa diselesaikan tahun ini (2022) lebih baik anggaran dibawah ke tempat lain karena waktu terus berjalan,” harapnya.

Menurutnya, proses pembangunan jembatan tersebut harusnya sudah dimulai sejak bulan Maret 2020 lalu, tapi terkendala akibat pembebasan lahan.

“Pak Bupati sudah buat statement soal pembebasan tanah itu saat ini sudah tidak ada masalah, jadi mohon Dinas PUPR segera jalan agar tuntas,” pungkas Sudirman.

Akhir sambutannya, Gubernur Sulsel meminta dukungan masyarakat Toraja Utara dan berpesan bahwa orang Toraja harus bekerja, sama-sama terus membangun Toraja.

Salah satu rencana pembangunan Toraja kedepan yaitu penambahan runway Bandara Buntu Kunik, penerbangan Toraja-Kalimantan, dan pegerjaan jalan dalam mendukung pariwisata.

“Selamat Hari Jadi Toraja ke 14 tahun, semoga menjadi garda terdepan dan ujung tombak pembangunan di Sulawesi Selatan,” tutupnya. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

BPKA: Rel Kereta Api At Grade Aman dari Banjir dengan Q.50 Tahun

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Kekhawatiran Walikota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto bahwa dengan meneruskan konsep perencanaan rel kereta api (KA)...

Berita Lain

- Advertisement -