fbpx
Senin, Maret 1, 2021

Peringati HUT Megawati ke 74 dan HUT Partai ke 48, PDIP Tana Toraja Tanam 7 Ribu Pohon

Terkait

- ADS -

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Bulan Januari bagi PDI Perjuangan merupakan bulan yang sakral. Pasalnya pada bulan Januari ini ada 2 moment penting yakni Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan ke 48 dan HUT Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ke 74.

Untuk itu PDI Perjuangan merayakan moment tersebut dengan serentak menanam pohon serentak seluruh Indonesia. PDIP Sulsel menanam 48 ribu pohon sebagai simbol HUT Partai ke 48, sedangkan DPC PDIP Tana Toraja menanam 7 ribu pohon.

Ketua DPC PDI Perjuangan Tana Toraja Yohanis Lintin Paembongan mengatakan penanaman yang dipusatkan di Sa’pak Bayo-Bayo, Kecamatan Sangalla dilakukan bersama jajaran pengurus DPC, PAC, hingga pengurus ranting, kader dan simpatisan setempat melakukan penanaman pohon.

“Ibu Mega pada setiap konsolidasi Partai selalu mengajarkan dan menanamkan nilai kepada semua kadernya untuk membangun peradaban dengan mencintai alam. Salah satu wujudnya adalah menanan pohon,” ujar Anis sapaan akrab Yohanis Lintin.

Dikatakan, penanaman ini di dukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Pengelolaan DAS Jeneberang Saddang, Persemaian Permanen Marinding. Ada 7 ribu bibit pohon yang disiapkan, akan di tanam disejumlah titik di wilayah Tana Toraja. Ada 11 jenis bibit pohon yang akan ditanam yakni Mahoni, Bitti, Cemara Gunung, Eucaliptus, Jabon, Ketapang Kencana, Nato, Tanjung, Jengkol, Pete dan Pucuk Merah.

“Semoga dengan gerakan seperti ini, Toraja tetap menjadi menara air di Sulawesi Selatan yang dikenal sebagai lumbung beras,” ucapnya.

Sementara itu sebelum penanaman dilakukan, Yohanis Lintin membacakan sambutan tertulis Ketua DPD PDIP Sulsel, Andi Ridwan Wittiri. Dikatakan jika gerakan menanam pohon sebagai ekspresi dan wujud mencintai bumi. Yang diyakini bahwa pohon dan air adalah sumber kehidupan dan sumber peradaban.

Penanaman pohon disertai konservasi tanah akan memberikan kesejahteraan kepada rakyat. Karena tanah yang subur dan air yang berkecukupan akan mendukung ketahanan pangan dan sumber air bersih.

“Merawat bumi, selain sebagai jalan peradaban, sungai merupakan akumulasi ribuan mata air yang harus dijaga dan diselamatkan dengan penghijauan,” tulis Andi Ridwan Wittiri.

Penanaman pohon dilakukan DPC PDIP Tana Toraja juga dilaksanakan di kecamatan Makale, Makale Utara, Sangalla Utara, Sangalla Selatan, Mengkendek, Gandasil, Rembon, Saluputti, Malimbong Balepe. Penanaman pohon akan dilakukan beberapa hari hingga sampai bibit yang tersedia habis ditanam.

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

11 Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Akan Dilantik di Makassar, 26 Februari

ZONAKATA.COM - MAKASSAR 11 Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pilkada 2020 lalu akan segera dilantik. Hal tersebut diungkapkan...

Berita Lain

- Advertisement -