fbpx
32 C
Makassar
Kamis, 29 September 2022

Jalan Panjang Menuju Pilkada Tana Toraja 2024

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Sejumlah figur dikabarkan akan maju pada pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Sebut saja Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg, Mantan Wakil Bupati Tana Toraja periode 2016-2021 Victor Datuan Batara, anggota DPRD Sulsel, John Renden Mangontan dan sejumlah figur potensial lainnya.

Namun untuk maju sebagai salah satu calon Bupati dan Wakil Bupati harus diusung partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki kursi di DPRD minimal 20 persen. Hal itu merupakan persyaratan yang diatur dalam UU Pilkada.

Sebelumnya KPU telah menyebutkan ada 75 partai politik yang dapat mendaftar untuk diseleksi dalam keikutsertaan Pemilu 2024. KPU juga telah menjadwalkan tahapan pendaftaran partai politik menjadi peserta Pemilu 2024 dibuka pada 30 Juli sampai 5 Agustus 2022.

Dimana verifikasi administrasi akan dilakukan pada 6 Agustus sampai 4 September 2022 dan verifikasi faktual pada 11-31 Oktober 2022. Berdasarkan amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 55/PUU-XVIII/2020 verifikasi parpol akan dibagi dalam dua kelompok.

Partai politik yang telah lulus verifikasi Pemilu 2019 dan lolos ambang batas parlemen pada Pemilu 2019 tetap diverifikasi secara administrasi, tetapi tidak diverifikasi faktual. Sedang partai politik yang tidak lolos ambang batas tetap diverifikasi administrasi maupun faktual. Itu termasuk dengan parpol baru.

- ADS -

Diketahui ada 9 parpol yang lolos ambang batas 4 persen hasil pileg 2019 lalu yakni PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, Nasdem, Demokrat, PAN, PKB, PPP dan PKS. Ke 9 parpol ini nantinya hanya menjalani verifikasi administrasi.

Sedangkan untuk penetapan parpol sebagai peserta Pemilu 2024 akan dilakukan pada 14 Desember 2022, sesuai ketentuan pasal 179 ayat 2 UU Pemilu yang menyebutkan, penetapan parpol peserta pemilu dilakukan selambat-lambatnya 14 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Di DPRD Tana Toraja ada 5 parpol yang lolos ambang batas parlemen yang memiliki kursi yakni PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, Nasdem dan Demokrat. Ke lima parpol ini diyakini pada Pileg 2024 nanti masih akan mendominasi kursi di DPRD Tana Toraja. Saat ini kelima partai itu menguasai 24 kursi dari 30 kursi yang ada atau sekitar 80 persen.

Selebihnya direbut Partai Hanura 3 kursi, Perindo, Berkarya dan PKPI masing-masing 1 kursi. Partai tersebut diketahui tidak lolos ambang batas parlemen sehingga masih akan menjalani verifikasi administrasi dan faktual. Jadi untuk berbicara mengusung calon bupati pada pilkada 2024 mendatang masih sangat jauh.

Pasalnya setelah dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu, partai-partai tersebut masih akan berjuang untuk meraih kursi di DPRD sebanyak mungkin di pemilu legislatif pada 14 Februari 2024 mendatang. Untuk diketahui hasil pemilu legislatif 2024 inilah nantinya yang akan digunakan sebagai dasar untuk mengusung calon bupati pada pilkada 2024.

Bisa saja konstelasi berubah, dimana parpol yang bisa mengusung calonnya pada pilkada lalu tergeser oleh parpol lainnya. Itu tergantung penempatan calegnya disetiap daerah pemilihan (dapil). Kita tunggu saja…

Tim Redaksi

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Profil Johanis Tanak, Jaksa Asal Toraja yang Terpilih Jadi Pimpinan KPK

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Nama Dr. Johanis Tanak, S.H, M tengah menjadi perbincangan. Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi ini...

Berita Lain

- Advertisement -