fbpx

Pemkot Parepare Ajak Masyarakat Bersama Ramaikan HUT ke-79 Kemerdekaan

Populer

spot_img

ZONAKATA, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama meramaikan peringatan hari ulang tahun ke-79 Kemerdekaan RI. Gaungkan dengan berbagai atribut nuansa kemerdekaan sampai ke pelosok Parepare.

Harapan ini terungkap pada rapat perdana Panitia HUT ke-79 Kemerdekaan RI tingkat Parepare di Ruang Data Kantor Wali Kota Parepare.

Rapat dihadiri Sekda Kota Parepare Muh Husni Syam selaku Pengarah Panitia, kemudian Kepala Bappeda Parepare Zulkarnaen Nasrun selaku Ketua Panitia, dan jajaran Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD, dan Camat yang terlibat dalam kepanitiaan HUT Kemerdekaan.

Husni Syam berharap kolaborasi seluruh panitia, koordinasikan segala kendala, agar pelaksanaan puncak peringatan HUT Kemerdekaan bisa sukses.

“Secepatnya laksanakan rapat-rapat bidang terkait untuk membahas hal-hal teknis. Kolaborasi dan koordinasikan dengan baik agar tidak ada kendala saat puncak peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan,” pinta Husni. (10/7/2024).

Ketua Panitia HUT Kemerdekaan Zulkarnaen Nasrun mengatakan, Pemerintah telah meluncurkan tema dan logo HUT Kemerdekaan, dan panduan-panduan kegiatan untuk menyemarakkan seperti lomba, festival, pertunjukan, hingga upacara bendera.

“Semarakkan mulai dari Kelurahan. Perbanyak atribut HUT Kemerdekaan seperti bendera dan spanduk di setiap titik, seperti kafe, hotel, toko, tempat keramaian lainnya, termasuk di media massa dan transportasi umum,” kata Zulkarnaen.

Zulkarnaen berharap, agar atribut bernuansa kemerdekaan seperti bendera dan spanduk sudah terpasang di semua kantor pemerintah dan swasta, fasilitas publik dan umum, hingga rumah masyarakat pada akhir Juli 2024 atau paling lambat awal Agustus 2024.

Sementara rangkaian untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan akan digelar berbagai lomba.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Parepare, Iskandar Nusu yang menjadi Koordinator Perlombaan mengungkapkan, ada beberapa lomba yang akan dilaksanakan di antaranya lomba gerak jalan antar SD, SMP dan SMA sederajat.

Kemudian lomba display drum band antar SD, SMP dan SMA sederajat, lomba tarik tambang putra/putri antar Kelurahan yang pesertanya adalah masyarakat, pertandingan bulu tangkis antar pelajar, dan pertandingan bola basket antar pelajar SMA sederajat.

“Juga nantinya ada Festival Salo Karajae dan Habibie Fun Run yang masih menjadi rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan,” ungkap Iskandar.

Melansir Pedoman Identitas Visual HUT ke-79 Kemerdekaan RI, tema yang diusung adalah ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’.

Tema tersebut dipilih sebab HUT RI ke-79 ini bertepatan dengan tiga momen penting. Momen itu adalah menyongsong Ibu Kota Baru, pergantian presiden, serta menuju Indonesia Emas 2045.

Ketiga momen itu merupakan masa transisi besar di Indonesia. Sehingga HUT ke-79 RI menjadi batu loncatan besar bagi Indonesia.

Logo HUT RI tahun ini didesain dengan angka 79 sesuai dengan usia Indonesia. Di samping logo, terdapat tulisan tema yakni ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’.

Berdasarkan tema tersebut, logo yang diciptakan mengandung makna bahwa Indonesia membutuhkan semangat baru yang besar dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan. Negara tetap berprinsip pada nilai-nilai luhur dengan memperhatikan kodrat alam dan budaya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bappelitbangda Sulsel Monitoring Evaluasi dan Coaching Clinic Program Kolaborasi ‘Si Lebah Unggulan’ di Parepare

ZONAKATA.COM - PAREPARE Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan monitoring evaluasi yang dirangkaikan...

Berita Lain