fbpx

Pemkab Enrekang-Baznas Tentukan Besaran Zakat dan Fidyah 2024

Populer

spot_img

ZONAKATA,ENREKANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang mengadakan rapat dengan berbagai unsur untuk membahas beberapa program dan kegiatan terkait dengan bulan Ramadhan. Dalam rapat yang dipimpinan Kabag Kesra yang bertempat di Kantor Bupati Enrekang, Selasa (30/01/2024).

Rapat tersebut untuk menentukan nominal zakat fitrah, fidyah, infak rumah tangga muslim, dan infak jamaah haji. Disepakati bahwa untuk tahun ini zakat fitrah terdiri dari tiga kategori: Kualitas beras tingkat atas (premium) 3,5 liter atau setara 2,5 kilogram, jika dibayar dengan nilai uang senilai Rp 40 ribu, kualitas beras tingkat menengah (medium) sebesar 3,5 liter setara 2,5 kilogram atau dengan uang senilai Rp 35 ribu dan Kualitas beras tingkat bawah (biasa) sebesar 3,5 liter setara 2,5 kilogram atau dengan uang senilai Rp 28 ribu.

Sedangkan besaran fidyah atau kompensasi yang harus dibayar lantaran tidak mampu berpuasa disebabkan karena faktor umur yang sudah uzur, sakit menahun, atau alasan kesehatan lainnya yang ditolerir oleh syariat, membayar dengan uang sebesar Rp 35 ribu. Nominalnya sama dengan tahun lalu.

Pimpinan Baznas Enrekang Ilham Kadir menyatakan, bahwa kenaikan terjadi pada zakat fitrah karena memang beras juga naik harganya.

“Besaran nominal zakat fitrah tetap merujuk pada harga beras dari para pedagang yang ada di pasar. Sampelnya dari Pasar Sentral Enrekang, Sudu, dan Baraka,” jelas Ilham Kadir.

Ada pun perbedaan harga dengan tahun lalu, bahwa untuk beras tingkat premium, 3,5 liter seharga 35 ribu, tingkat medium seharga 30 ribu, dan tingkat rendah sebesar 27 ribu.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Animo Olahraga Tinggi, Kemenpora Gelar Tarkam di Enrekang

ZONAKATA, ENREKANG -- Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi tuan rumah kejuaraan antar kampung (Tarkam) 2024 yang digelar Kemenpora.Tarkam...

Berita Lain