fbpx

Kronologi Kebakaran Tongkonan Tuan Salutangnga di Toraja Utara, Kerugian Rp 1 Miliar

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Kebakaran hebat terjadi di Dusun Salu Tangnga, Kelurahan Tallang Sura’, Kecamatan Buntao, Toraja Utara, Kamis (29/6/2023) sore.

Satu warga menjadi korban dalam perisitwa kebakaran ini. Korban adalah Maria Rupang (80). Ia kini dirawat di RS Elim Rantepao akibat luka bakar di punggung dan wajahnya.

“Korban mendapat perawatan di RS Elim Rantepao, hanya satu korban dalam insiden kebakaran ini,” kata Kapolsek Sanggalangi, Iptu Yos Sudarso Mangguali via seluler Kamis malam.

Yos mengatakan, api juga membakar habis satu bangunan Tongkonan (rumah adat Toraja), dua Alang (lumbung padi), empat unit motor dan sebuah rumah panggung.

Tongkonan yang terbakar bernama Tongkonan Tuan Salutangnga.

Adapun kebakaran terjadi sekira pukul 15.35 Wita. Api kata Yos, berasal dari salah satu kamar di rumah panggung.

Api kemudian membakar kasur tempat tidur, sehingga semakin membesar, membakar bangunan rumah lalu merambat ke bangunan lainnya.

“Kita sudah melakukan oleh TKP, untuk sementara dugaan kebakaran akibat arus pendek listrik di rumah panggung,” ungkap Yos.

Yos menuturkan, akibat kebakaran ini korban mengalami kerugian yang cukup besar, ditaksir mencapai Rp 1 miliar.

“Untuk upaya yang kita lakukan mendirikan tenda darurat di lokasi kebakaran. Kemudian berkoodinasi dengan BPBD Toraja Utara,” ucapnya.

Untuk diketahui, api dengan cepat membakar Tongkonan dan bangunan lainnya. Saat kebakaran memicu kepanikan warga. Detik-detik kebakaran direkam sejumlah warga dan viral di media sosial.

Saat kebakaran sejumlah warga berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya. Tiga unit Damkar Toraja Utara sendiri tiba dilokasi kejadian saat api mulai padam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tutup Pendaftaran, Partai Hanura Enrekang Bakal Proses 4 Bacabup

ZONAKATA.COM - ENREKANG Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) resmi menutup pintu pendaftaran bakal calon Bupati Enrekang, Minggu 19 Mei...

Berita Lain